Saturday, August 3, 2019

EKUILIBRIUM REZEKI

EKUILIBRIUM menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) online dan menurut para ahli Bahasa Ekuilibrium (eku-i-lib-ri-um /ékuilibrium/ n ) adalah keadaan mantap karena kekuatan-kekuatan yang berlawanan, setimbang, atau sepadan; kesetimbangan.

Saya istilahkan “Ekuilibrium Rezeki” ini adalah sebuah “Keseimbangan Rezeki” antara hasil yang kita dapatkan dengan KINERJA yang kita keluarkan untuk mendapatkan hasil tersebut.

Benarlah ‘Hasil tidak mengkhianati usaha’. Karena itu wajib bagi kita bekerja dan berusaha tapi hasil bukan menjadi kewajiban kita.

Perhatikan dengan seksama: ‘Belajar’ itu wajib tetapi bukan wajib ‘pintar’ karena tugas kita hanya belajar. ‘Kerja’ adalah wajib tetapi ‘kaya’ bukanlah kewajiban. ‘Berobat’ itu wajib tetapi ‘sembuh’ tidak wajib, karena yang menyembuhkan penyakit bukanlah kita.

Yang kita perlu lakukan adalah ikhtiar dan totalitas maka hasil akan kita peroleh sesuai ikhtiar kita. Di sanalah ada proses sampai pada hasil yang diperoleh, di situlah ujiannya.

Maka siapa yang memahami konsep Ekuilibrium Rezeki, hidupnya selalu dihiasi dengan sabar dan syukur, maka tidak heran hidupnya berkelimpahan dengan rezeki yang berkah. Karena mereka hidup dengan iman dan keyakinan, bahwa Tuhan Maha Pengasih dan Penyayang tidak pernah tidur dan lalai.

Karyawan yang dibayar tiga juta tidak gusar dan tetap perform dalam tugasnya. Bahkan dia bisa meningkatkan kinerjanya senilai delapan juta, Maka ada surplus pada kinerjanya senilai lima juta. Maka dia yakin lima jutanya akan diganti dan dipenuhi dengan cara yang Tuhan kehendaki. Pengganti rezekinya bisa berupa penghasilan dari usaha lain, bisa juga diberikan keluarga yang harmonis, anak yang sholeh, teman yang baik, dihindarkan bencana atau solusi atas segala permasalahannya

Sebaliknya dia akan menyadari jika dia digaji sebesar delapan juta tetapi berkinerja hanya lima juta, maka tiga jutanya akan bisa diambil dalam bentuk dan cara apapun. Kehilangan harta, rumah tangga berantakan, konflik atau bencana dan lain sebagainya.

Pekerja yang memahami konsep Equilibrium Rezeki akan melibatkan Tuhan pada setiap aktivitasnya. Demikian juga bagi pengusaha, dia akan memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi pelanggannya.

“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula” (QS. Az Zalzalah: 7-8).

Semoga tulisan ini bermanfaat, dan saya undang Anda untuk mengikuti terus tulisan-tulisan saya dan video2 saya tentang sistemasi bisnis di link www.mastersop.com/sekolahbisnis

Salam,
Alim Mahdi
Master SOP

Tags: Konsultan SOP Perusahaan, Konsultan SOP adalah, Konsultan SOP HRD, Konsultan Pembuatan SOP Perusahaan, Konsultan membuat SOP, SOP Konsultan Pengawas, SOP Konsultan pajak, SOP Konsultan Perencana, Konsultan SOP dan Contohnya, Jasa Konsultan SOP, Konsultan SOP, Konsultan ISO, Konsultan Manajemen, Sertifikat ISO, Konsultan Bisnis, SOP Perusahaan, Konsultan Pajak, ISO 9001 adalah, Manajemen Pemasaran.

No comments:

Post a Comment

SOP HOUSE KEEPING

SOP ini akan membantu mempermudah tugas Anda, sebagai pimpinan dalam mengelola perusahaan Anda Khususnya dalam pengelolaan House Keeping. DA...

Search This Blog

Labels