Wednesday, March 11, 2020

ANDA BOLEH KEJAM, ASAL?

Catatan kecil di hari ke 2 Festival Coaching, IBM Genpro 2018
Gurunda coach Dr. Fahmi mengajarkan bahwa SUKSES percaya pada tindakan yang terukur dan dilakukan terus menerus sampai berhasil. Karenanya SUKSES tidak percaya pada dalih.
Di Grounded Business Coaching, gurunda coach Dr. Fahmi selalu menitipkan 5 mantra bisnis diantara ribuan pesan-pesan beliau kepada para alumni grounded. Dua dari 5 mantra Bisnis yang diajarkan oleh beliau adalah “Tagih Hasil Brutal” dan “Kejam Pada Nilai Inti”. Business Owner harus tegas pada diri sendiri dan pada bisnisnya, tidak menaruh belas kasihan terhadap kelalaian dan kemalasan pada diri dan teamnya.
***
Kembali ke area Festival Coaching IBM Genpro di hari ke 2 ini, Sebagian besar coachee yang datang dengan membawa masalah dalam membangun dan memberdayakan teamnya.
Berbagai keluan seperti team susah diarahkan, takut kehilangan manajer potensial, karyawan dipercaya tapi main belakang, penggelapan yang dilakukan karyawan, sampai masalah kerumitan dengan pegawai yang masih keluarga serta lain sebagainya.
Sebenarnya Inti masalahnya ada pada Business Owner atau para Leader yang tidak mempunyai keberanian untuk BRUTAL dan KEJAM pada target – target dan GOAL yang sudah dibuatnya.
Anda boleh kejam, tapi wajib diingat!, untuk bisa ‘Kejam’ dan ‘Brutal’ memerlukan beberapa syarat. Dan di antara syarat yang penting dan fundamental adalah SYSTEM.
Anda tidak bisa kejam dan brutal jika dalam perusahaan Anda belum mempunyai Struktur Organisasi yang jelas, Job Description yang cermat, SOP yang tepat, dan KPI yang akurat.
Dan ketahuilah, system tidak mempunyai emosi dan perasaan, dia juga tidak mempunyai rasa rindu dan cinta.
Hehmm…..
Nah, Bagaimana kabar Bisnis Anda?
*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog
Salam Founder

By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

JASA EVENT ORGANIZER (EO)

Bisnis Event Organizer (EO) semakin menjanjikan belakangan ini, dimana sejumlah orang dan juga organisasi jauh lebih memilih untuk menggu...

Search This Blog

Labels