Wednesday, March 11, 2020

BUKAN SALAH MANAJER

Yang menarik dalam sesi Coaching Festival di hari pertama event IBM di SMESCO Jakarta.  Ada 2 dari 3 coachee yang saya tangani menyampaikan permasalahan yang sama perihal bisnisnya, yaitu berkaitan dengan menajer yang tidak sesuai harapan mereka.
Ada 3 jenis ketrampilan atau skill dasar manajerial yang harus dipertimbangkan oleh Bisnis owner dalam merekrut menajernya.
Ketiga ketrampilan tersebut adalah Technical Skills, Soft Skill dan Conceptual Skills. Ketiga keterampilan ini penting, namun arti pentingnya relatif tergantung pada tingkatan manajer itu dalam organisasi.
Tingkatan manager yang saya maksud adalah  tingkat Senior, Midle dan Line Management. Seorang executive, manager dan supervisor mempunyai porsi yang berbeda.
Technical Skilladalahkemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan, metode, atau tehnik spesifik dalam bidang spesialisasi tertentu, yang biasanya berhubungan dengan keahlian tangan atau keahlian fisik lainnya. Contoh ahli bedah (bukan ahli bid’ah), ahli bangunan, ahli musik, ahli IT, ahli pembukuan dan sebagainya.
Sedangkan Soft Skill adalah keterampilan interpersonal, yaitu mengelola diri dan mengelola hubungan dengan orang lain. Keterampilan ini mencakup pola pikir, kedewasaaan emosi dan kepercayaan diri, seseorang.
Dalam manajemen, keterampilan ini antara lain kemampuan untuk memimpin, memotivasi, mengelola konflik, berkomunikasi efektif, bekerja sama, menumbuhkan partisipasi dan memberdayakan rekan kerja dan bawahannya.
Dan Conceptual Skill adalah kemampuan memahami suatu persoalan organisasi secara keseluruhan dan mengelolanya untuk kepentingan organisasi.
Jadi keterampilan konseptual ini kecakapan menjalankan fungsi-fungsi menajerial yaitu perencanaan, perorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi pemecahan masalah dan lainnya.
Maka seorang manajer yang mempunyai keterampilan konseptual yang baik akan mampu berfikir jauh ke depan.
***
Nah, business owner harus memahami ketiga skills atau keterampilan tersebut, sehingga tidak salah lagi dalam merekrut seorang manajer untuk perusahaannya.
Demikian sedikit catatan saya di arena Coaching Festival, sampai jumpa di hari ke 2. Eng,,, ing… eng…
SMESCO, 7 Maret 2018
*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog
Salam Founder

By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

JASA EVENT ORGANIZER (EO)

Bisnis Event Organizer (EO) semakin menjanjikan belakangan ini, dimana sejumlah orang dan juga organisasi jauh lebih memilih untuk menggu...

Search This Blog

Labels