Monday, March 16, 2020

CARA MEMBUAT SOP TOKO RETAIL

Kekuatan toko retail modern ada pada SOP dan sistem bisnisnya. Wajar jika banyak waralba toko retail modern tumbuh menjamur di kota-kota seluruh Indonesia. Nah bagaimana cara membuat SOP untuk toko retail modern ini?
Untuk membuat SOP Toko retail Modern, Anda harus menyiapkan Visi dan Misi bisnis Anda. SOP yang tepat dimulai dari mereview dan memahami visi dan misi perusahaan.
Langkah-langkah dalam menyusun SOP toko retail modern, adalah sebagai berikut:
1. Review Visi dan Misi perusahaan Anda, jika belum punya maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu.
2. Review value atau nilai dan budaya kerja bisnis Anda. Sama dengan visi misi, value an budaya kerja berfungsi sebagai alignment dan pemberi arah bisnis agar SOP dapat dibuat tepat seperti yang diharapkan.
3. Review kembali struktur organisasi toko Anda, buatkan bagan dan tetapkan sebelum SOP disusun. Struktur organisasi toko biasanya terdiri dari kepala toko, kasir, pramuniaga, logistik dan cleaning service (OB).
4. Kemudian buatkan job description masing-masing posisi dalam bagan struktur organisasi tersebut.
5. Mulai menyusun SOP dengan menyusun uraian prosedur Alur Kerja sederhana sesuai proses bisnis di toko Anda. misalnya meliputi: Prosedur Buka Toko, Prosedur Terima Barang, Prosedur Pencatatan Stok Barang, Prosedur Stock Opname, Prosedur Kebersihan Toko, Prosedur Layanan Customer, Prosedur Kasir/Penjualan, Prosedur Laporan Penjualan, Prosedur Tutup Toko.
6. Setelah alur kerja SOP dibuat, maka berikutnya Anda dapat membuat standarisasi layout dan perlengkapan Toko, terdiri dari: Standar Penataan Barang dan Peralatan Toko, Standar Bangunan Toko, Standa Layout Rak Toko, Standar Desain dan Warna Cat Toko, Standar Pemilihan Lokasi, Standar Logo dan Papan Nama, Standar Peralatan dan Peralatan Toko, Standar Seragam Crew Toko.
7. Secara sederhana SOP yang Anda buat sudah jadi. Anda bisa melengkapi dengan Kebijakan Promosi, standar memilih lokasi toko, dan lain-lainnya.
Demikian cara membuat SOP toko retail, silakan Anda membuatnya sesuai dengan karakteristik bisnis Anda. Contoh lebih detail SOP, serta cara penulisannya bisa diliat lebih lengkap di https://mastersop.com/tokoretail
 *Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog
Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PERBEDAAN JOB DESCRIPTION DAN SOP

Sahabat sekalian di era saat ini, di dalam kondisi yang tidak pasti, kemudian kondisi random, maka sangat penting bagi kita untuk mengeva...

Search This Blog

Labels