Monday, March 2, 2020

CHANNEL DISTRIBUTIONS ( DISTRIBUSI CHANNEL )


Channel Distributions adalah blok ketiga dalam Business Model Canvas (BMC). Tujuan dilakukan Distribusi Channel agar konsumen memperoleh barang dengan mudah. Dengan kata lain channel adalah segala sesuatu yang bisa men-Deliver value atau produk yang kita miliki hingga bisa diterima, dilihat, dikenal, ditemukan dan ditangkap oleh customer kita.

How do you reach them?
Bagaimana produk Anda sampai kepada customer segmen yang dituju ?


Karena itu Anda harus membuat daftar channel-channel apa saja agar produk Anda bisa sampai ke sasaran dengan tepat. Dalam hal ini ada bebarapa cara untuk menyampaikan produk sampai ke konsumen, yaitu:

  1. Distribusi Langsung, artinya penyampaian barang atau penjualan langsung ke tangan konsumen. Konsumen membeli produk langsung ke produsen barang tersebut seperti membeli di toko milik sendiri atau outlet. Contohnya : Kantor, Toko, Warung, Restoran, Booth, Counter, Lapak di Pasar, dan lain-lain.
  2. Distribusi Perantara, artinya penyampaian barang melalui agen atau menitipkan barang ke toko-toko, warung, supermarket, dan department store. Seperti melalui Alfamart, Indomart, Carefour, Giant, Hypermart, Matahari, Robinson, dll.
  3. Distribusi Jaringan, artinya penyampaian barang melalui jaringan (networking) seperti ormas, komunitas sosial, komunitas pengusaha, paguyuban, alumni atau forum tertentu. Contohnya:  Komunitas pengusaha seperti JPMI, Genpro, TDA, IIBF, Alumni GBC. Komunitas hobby Hiking, Komunitas pecinta kucing, kelompok arisan dan lain sebagianya.
  4. Distribusi online, artinya penjualan tersebut dilakukan melalui internet, seperti Website, Media sosial (FB, IG, TG). Marketplace seperti Lazada, Blibi, Bukalapak, OLX atau penjualan online via Gojek, Gofood dan lain sebagainya. Contoh Channel Distributions untuk produk digital antara lain: Appstore, playstore, google CEO, Media Social, word of mouth.

Contoh lebih real :

Untuk produk “Buku Serial Contoh SOP Perusahaan”, apa saja channel yang dipakai agar sampai kepada target pasar:
  1. Website (www.mastersop.com)
  2. Media Sosial (FB, IG, Telegram, Youtube)
  3. Group Belajar SOP via WA dan FB
  4. Jaringan Komunitas pengusaha
  5. Stand Business Coaching
  6. Stand Bazar (Stand Coaching)
  7. Printing Tools: Spanduk, Brosur, Stiker, Banner.
Demikian, dengan mengetahui ‘Channel Distributions’ maka Anda dengan mudah mendeliver ‘Value Propositions’ kepada ‘Customer Segment’ yang sudah Anda tentukan sebelumnya.
*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

TIPS MENDAPATKAN KARYAWAN YANG TEPAT

Anda tentu tahu, bahwa sebuah rekrutmen merupakan serangkaian proses untuk mencari dari sekelompok pelamar kerja guna mengisi posisi yang te...

Search This Blog

Labels