Sunday, March 22, 2020

KAS VS LABA

Kas adalah aset lancar yang dilaporkan pada neraca/balanced sheet. Laba adalah selisih positif antara pendapatan dengan biaya/beban. Mana yang lebih diprioritaskan oleh perusahaan, kas atau laba?

Sebenarnya, dua-duanya memiliki konsep, tujuan, fungsi dan manfaat yang dibutuhkan perusahaan. Karena kas dan laba merupakan hal yang penting bagi kesuksesan sebuah bisnis. 

Bentuk tujuan dari pada keberadaan sebuah perusahaan adalah untuk menghasilkan laba/profit. Namun, jika kita sebagai investor hanya memperhatikan laba bersih saja, ada kemungkinan kita akan mengalami mislead. Disamping perusahaan menghasilkan laba secara akuntansi, investor juga menginginkan perusahaan untuk menghasilkan kas melalui aktivitas operasinya ke dalam perusahaan. 

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Kelangsungan hidup sebuah perusahaan menjadi tidak terjamin pada bisnis yang kehabisan kas. Sebuah perusahaan bisa saja menghasilkan kenaikan penjualan dan laba bersih, namun selama perusahaan belum menerima kas dari pelanggan, maka akan tetap ada risiko perusahaan tidak bisa mengcollect piutang dari pelanggan. Salah satu cara untuk bisa mendeteksinya adalah dengan memperhatikan profile piutang berdasarkan umur.

Sama seperti kata seorang teman " Kas bagus sementara profit/laba jelek, maka bisa diibaratkan itu sedang SAHUR atau sedang BERBUKA". SAHUR maksudnya makan dahulu puasa kemudian, Sedangkan BERBUKA maksudnya puasa dahulu makan kemudian.

So, keduanya sangat penting dan saling mendukung bagi sebuah perusahaan, dan tidak bisa dipisah-pisahkan.

Masihkah meremehkan KAS dan LABA?


Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

JASA EVENT ORGANIZER (EO)

Bisnis Event Organizer (EO) semakin menjanjikan belakangan ini, dimana sejumlah orang dan juga organisasi jauh lebih memilih untuk menggu...

Search This Blog

Labels