Friday, March 13, 2020

KESALAHAN DALAM MENYUSUN BUSINESS PLAN

Dalam menyusun Business Plan, business owner harus dapat memastikan bahwa pernyataan Big Goal dan Strategic harus clear sebelum ditetapkan.
Lebih – lebih dalam menuangkan Goal ke dalam rencana aksi (action plan. Karena kesalahan dalam menetapkan obyektif, Key Performance (KPI), target dan Inisiatif akan berakibat fatal bagi perkembangan perusahaan.
Berikut kesalahan yang sering terjadi dalam membuat Business Plan:
Pertama: Tidak ada data dan tidak melakukan research.
Hal ini disebabkan karena hanya fokus pada masa depan. Padahal data dan pengalaman sekarang dapat memberikan input keberhasilan di masa depan.
Contoh : Index kepuasan karyawan, market share dan jumlah konsumen potensial.
 Kedua: Fokus pada bisnis, bukan pada customer.
Bisnis Anda adalah solusi bagi customer, maka fokuslah pada strategi yang menarik untuk customer. Jika Anda fokus pada rencana pengembangan bisnis tetapi bukan pada keinginan dan kebutuhan customer adalah awal kehancuran.
Contoh: Produk apa yang dibutuhkan konsumen, strategi apa yang membuat konsumen setia, atau keahlian apa yang harus dimiliki karyawan agar konsumen puas.
 Ketiga: Tidak memasukkan rencana pengembangan karyawan.
Keberhasilan mencapai tujuan perusahaan sesuai rencana sangat tergantung dengan kinerja karyawan yang prima.
Pengembangan karyawan dalam ini meliputi kebutuhan fisik yang sehat, kompetensi yang tinggi dan kesejahteraan yang memadahi.
Contoh: Rencana pelatihan kompetensi karyawan, Meningkatkan kesejahteraan karyawan dan  program kesehatan karyawan.
Keempat: Menghindari masalah untuk menutupi masalah.
Setiap bisnis mempunyai problem, ada gap antara harapan dan kenyataan. Karena itu solusi masalah harus masuk dalam perencanaan.
Contoh: Menambah jumlah karyawan untuk mengatasi karyawan yang tidak kompeten, seharusnya cukup dengan meningkatkan kompetensi karyawan agar Anda tidak menambah karyawan.
Dengan menghindari kesalahan – kesalahan dalam membuat action plan diharapkan perusahaan Anda mampu bersaing dan memenangkan persaingan bisnis di tahun 2019.
Semoga bermanfaat,
*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog
Salam Founder

By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

TIPS MENDAPATKAN KARYAWAN YANG TEPAT

Anda tentu tahu, bahwa sebuah rekrutmen merupakan serangkaian proses untuk mencari dari sekelompok pelamar kerja guna mengisi posisi yang te...

Search This Blog

Labels