Tuesday, March 24, 2020

MARKETING MIX


Setiap perusahaan pasti perlu melakukan proses marketing. Karena marketing merupakan salah satu unsur penting yang harus diperhatikan oleh suatu perusahaan. Proses inilah yang menjadikan barang dari produsen/perusahaan bisa sampai ke tangan konsumen. Oleh karena itu, diperlukan strategi-strategi khusus untuk menjalankan kegiatan marketing dan memastikan bahwa perusahaan mendapatkan laba sesuai dengan yang diharapkan.

Salah satu strategi marketing yang banyak digunakan adalah strategi marketing mix. Strategi marketing mix dinilai membantu perusahaan memperoleh keuntungan yang cukup maksimal.

Menurut Kotler dan Amstrong, marketing mix adalah sekumpulan variabel pemasaran yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan mereka. Dengan kata lain, marketing mix merupakan strategi pemasaran yang menggabungkan elemen-elemen di dalam mix marketing itu sendiri dan dijalankan secara terpadu.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Marketing mix memiliki beberapa elemen, yang dikenal dengan sebutan 4P. Bagi Anda yang bergerak di bidang pemasaran pasti tidak asing bukan? Ya, 4P adalah Product, Price, Promotion, Place. Namun, seiring dengan perkembangan zaman strategi mix marketing 4P ini sudah bertambah menjadi 7P.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, 7P merupakan tambahan dari 4P. Adapun elemen nya yaitu:

1. Product (produk)

Elemen pertama dari mix marketing adalah produk. Anda harus menentukan produk atau jasa apa yang akan ditawarkan kepada konsumen di pasar. Ketika ingin menjalankan sebuah strategi marketing yang sukses, sudah menjadi keharusan perusahaan untuk selalu memperhatikan kualitas produk yang baik. Mengingat kualitas produk akan memberikan pengaruh terhadap daya tarik konsumen.

2. Price (harga)

Masalah kebijaksanaan harga juga turut menentukan keberhasilan pemasaran produk. Kebijakan harga dapat dilakukan pada setiap tingkatan distribusi, seperti oleh produsen, grosir dan retailer (pedagang eceran). Banyak strategi harga dapat dilakukan oleh ketiga lembaga distribusi tersebut.

3. Place (tempat)

Tempat atau lokasi menjalankan bisnis juga tidak kalah pentingnya dalam strategi marketing mix. Bagaimana tidak, jika pelaku bisnis salah membangun atau membuka bisnis di lokasi tertentu maka akan berpengaruh pada angka pengunjung yang datang.

4. Promotion (promosi)

Promosi pada zaman pemasaran modern sekarang ini tidak dapat diabaikan. Promosi ini sangat berkembang pada masa “selling concept”, di mana produsen sangat mengandalkan, sangat memberi harapan tinggi akan meningkatnya penjualan dengan mempergunakan promosi, sehingga tidak heran banyak sekali perusahaan yang menggunakan berbagai media untuk melakukan promosi.

5. Process (Proses)

Didalam strategi marketing mix disini, unsur atau faktor process berkaitan dengan bagaimana pelayanan penjual kepada para konsumen.  Dalam hal ini, perlu memperhatikan manajemen, yang mana keputusan dalam menajemen akan menentukan keberhasilan.

6. Participant (partisipan)

Partisipant ialah setiap orang yang masuk dan terlibat dalam memasarkan produk atau terlibat dalam strategi marketing produk yang ditawarkan oleh konsumen. Dalam menjalankan strategi marketing, pastinya membutuhkan lebih dari satu orang. Seperti misalnya karyawan, yang tentu ikut terlibat dalam keberhasilan marketing.

7. Physical Evidence (bukti/lingkungan fisik)

Physical evidence ini berupa bukti atau lingkungan fisik. Lingkungan fisik yang dimaksud yaitu berkaitan dengan kondisi atau suasana. Sebagai contoh agar tidak bingung, physical evidence ini seperti fasilitas, visi misi perusahaan, simbol perusahaan, brand, kekayaan perusahaan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kegiatan memasarkan produk.

Dari ketujuh faktor atau elemen dari strategi marketing mix di atas dapat dikatakan bahwa memberikan pelayanan terbaik termasuk menjaga kualitas produk merupakan hal penting dalam mengembangkan bisnis.

Silakan hubungi langsung Master SOP layanan Gratis Konsultasi SOP dan pendampingan bisnis apabila dibutuhkan.


Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PERUSAHAAN DAN ADMINISTRASI PENGGAJIAN

Karyawan dan gaji adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan dalam perusahaan apapun. Maka dari itu suatu perusahaan yang memilliki karyaw...

Search This Blog

Labels