Thursday, March 19, 2020

STRATEGI PEMASARAN PRODUK

Strategi pemasaran perusahaan merupakan hal yang cukup mempengaruhi sales atau penjualan suatu produk. Penjualan merupakan faktor penting agar perusahaan dapat tetap berdiri. Tanpa adanya penjualan atau sales, suatu perusahaan dapat mengalami kerugian karena minimnya sumber daya.

Melakukan pemasaran suatu produk memang bukan sesuatu yang mudah. Anda pun harus merancang teknik dan rencana tertentu sehingga tidak asal-asalan. Sebab, jika pemasanan dilakukan secara kurang tepat, maka dapat menimbulkan kerugian. Lalu, bagaimana strategi pemasaran yang tepat? Berikut beberapa strategi pemasaran produk perusahaan untuk mendongkrak penjualan:

1. Ketahui Target Pasar Anda
Anda harus benar-benar mengenali pasar Anda, kuasailah target pasar Anda. Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu lakukan riset siapa yang menjadi target pasar Anda. Semakin spesifik target pasar Anda, semakin besar peluang Anda untuk sukses. 

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

2. Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen/Pelanggan
Pelanggan adalah aset yang cukup berharga bagi perusahaan. Oleh karena hal itu, berilah pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda. Jalinlah hubungan baik dengan konsumen dengan menanggapi saran atau keluhan mereka. Jangan ragu untuk memberikan diskon ataupun hadiah kepada pelanggan setia Anda. Jika Anda melakukan hal tersebut, tak menutup kemungkin pelanggan akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain secara sukarela.

3. Memanfaatkan Internet marketing 
Kita semua pasti setuju, media sosial adalah alat pemasaran yang paling ampuh karena hampir semua orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, sangat aktif menggunakannya. Contohnya berpromosi menggunakan Instagram dan Facebook. Dengan media sosial, perusahaan dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, dengan biaya yang murah dan visibilitas atau keterlihatan yang tinggi. Social media juga memungkinkan perusahaan untuk memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk mereka sehingga apa yang ditawarkan memiliki peluang besar untuk terjual.

4. Memilih tempat yang strategis
Lokasi yang tepat dan strategis dapat menjaring begitu banyak pembeli. Usahakan untuk mencari tempat yang banyak terdapat sasaran bisnis Anda, misal para pelajar dan orang metropolitan. Memasarkan produk di tempat yang ramai dan banyak orang berlalu laying pun akan membuat bisnis atau produk Anda mudah dilihat.

Orang-orang yang membutuhkan produk Anda pun akan tertarik karena bisnis Anda mudah ditemukan. Selain itu, orang yang awalnya tidak membutuhkan produk Anda menjadi tertarik karena keberadaan bisnis Anda yang menarik perhatiannya.

5. Memberi Insentif untuk Rekomendasi
Sebuah produk akan terlihat bagus dan dapat dipercaya bila ada yang merekomendasikannya. Untuk mendapat sebuah rekomendasi atau testimoni dari konsumen yang telah memakai produk tersebut, Anda harus memberi penghargaan berupa insentif yang menarik. Insentif sebuah testimoni tidak harus selalu berupa uang, namun dapat berupa hadiah produk atau potongan harga. Dengan adanya insentif ini secara tidak langsung perusahaan memenangkan dua pihak untuk sasaran marketing, yaitu konsumen yang loyal dan calon konsumen. Rekomendasi produk kini menjadi strategi pasar yang digunakan hampir semua produk.


Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PERUSAHAAN DAN ADMINISTRASI PENGGAJIAN

Karyawan dan gaji adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan dalam perusahaan apapun. Maka dari itu suatu perusahaan yang memilliki karyaw...

Search This Blog

Labels