Tuesday, March 17, 2020

PERBEDAAN CEO, OWNER, FOUNDER DAN CO-FOUNDER

Ada yang masih bingung dengan perbedaan CEO, Owner, Founder dan Co-Founder dalam dunia bisnis. Karena itu berikut bisa saya jelaskan sedikit pengertian masing-masing istilah tersebut.
CEO

CEO disini bukanlah kepanjangan Chief Everything Officer lho ya, akan tetapi dari singkatan CHIEF EXECUTIVE OFFICER.

Chief berarti kepala atau yang memimpin sedangkan Executive berarti jajaran direksi. Seorang CEO tidak bisa memimpin perusahaan seorang diri, seorang CEO harus di bantu oleh jajaran direksi di bawahnya seperti direktur atau wakil direktur. Istilah ini biasa dipakai perusahaan di amerika dan eropa, tetapi kini sering juga kita dengar di Indonesia.
FOUNDER

Founder digunakan untuk pendiri atau pencetus ide usaha, bisa perorangan atau kelompok, founder biasanya juga sebagai owner sebuah perusahaan.

OWNER

Owner lebih mengarah ke pemilik usaha, bisa perorangan atau kelompok. Kelompok atau grup biasanya ada investasi dari beberapa investor namun pemilik usaha tetap jadi owner. Investor pun bisa di katakan owner.

CO-FOUNDER

Co-founder mengarah ke seseorang yang menjadi rekan si founder, bisa perorangan atau kelompok.

Ada dua pandangan co-founder pendiri (pencetus usaha) yang bekerja sama dengan Founder lainnya, jadi Co-founder ini ia merupakan orang yang ke-2 ke-3 dan seterus nya sebagai pendamping.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog


Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PEMENANG HARUS HILANGKAN 3 RACUN PIKIRAN

Secara tidak sadar dalam diri dan pikiran kita terdapat pikiran yang berbahaya dan meracuni diri kita sendiri. Karena tidak sadar, racun ...

Search This Blog

Labels