Sunday, March 1, 2020

POCKET OF EXCELLENCE ( Keunggulan Bisnis )

Pocket of Excellence Tugas business owner adalah menemukan dan menciptakan Pocket of Excellence pada produk dan jasanya. Karena dialah (Pocket of Excellence) adalah suatu kehebatan atau keunggulan yang hanya bisnis Anda saja yang bisa dan mampu melakukannya.
Jika anda sudah menemukan Formula 5 – 3 – 1 dalam produk anda (Baca di tulisan FORMULA 5-3-1 Memenangkan Persaingan Tanpa Mengalahkan). Maka anda sebenarnya sudah mendapatkan Pocket of Exellence produk anda. Kini pelanggan tidak hanya membeli ‘produk’ tetapi membeli ‘rasa’. Maka penjual harus bisa memberikan ‘Want’ daripada sekedar ‘Need’.
Hehmm… bingung ya?
Jadi begini, buatlah bisnis yang tidak hanya menjual solusi dan apa yang dibutuhkan pelanggan (NEED) tetapi juga harus menjawab apa yang diinginkan pelanggan (WANT). Jika ‘kebutuhan’ itu disediakan oleh produk maka ‘keinginan’ itu dijawab oleh nilai tambah (Added Value) atas produk tersebut.
Jika anda bicara tentang makanan…
Jual makanan untuk bikin kenyang itu biasa. Bikin yang makan jadi happy itu keren. Maka “Kenyang” itu kebutuhan, dan “Happy” itu keinginan. Jika anda mempunyai resto, pastikan apa yang anda jual? Pelanggan makan kemudian Kenyang atau pelanggan kenyang sekaligus merasa happy ketika makan di resto anda.
Contoh lain selain makanan apa?

Fashion: Jual baju untuk tutupi tubuh itu biasa, yang bikin pemakainya nampak lebih muda dan langsing itu sesuatu.
Ekspedisi: Barang datang tepat waktu dan barang tidak rusak itu standar. Saya berfikir adakah ekspedisi yang  kurirnya lebih dirindukan daripada barangnya.
Tas: Kegunaan dan bahan tidak penting walau tas dibuat dari kulit buaya asli. Yang dicari adalah tas yang bisa menambah performance penampilan, keindahan, kecantikan, perhatian dan kasih sayang… hehe

Ketahuilah kualitas produk yang hanya menyelesaikan kebutuhan utama (nilai pokok), maka akan dibayar dengan harga pasaran. Akan tetapi jika anda dapat menghadirkan nilai tambah atau added value dari nilai pokok itu yang membuat kita dibayar lebih. Nilai tambah (added value) dari yang nilai pokok itu yang membuat kita unggul dari pesaing kita.
Apa hubungannya dengan Branding?
Kenyang itu produk, maka makan senang itu brand. Produk itu urusan Need, Brand itu menjawab Want. Maka Anda harus tahu apakah Resto anda untuk kebutuhan (need) atau untuk penampilan? Ada hubungannya nggak ya?
Jangan lupa buat system!
Bahwa hanya Business Owner yang mempunyai System yang baik yang bisa menciptakan Pocket of Excellence pada bisnisnya dan sekaligus mampu menjaganya dari serbuan para pesaingnya.
*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PAKET SOP PERUSAHAAN JASA KONTRUKSI / KONTRAKTOR

Banyak orang mengganggap Mengelola menajemen Perusahaan Kontraktor itu lebih Ribet dibadingkan dengan Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang ...

Search This Blog

Labels