Monday, March 16, 2020

RAHASIA SOP PRODUK KULINER

Masih ada rasa ketakutan bagi sebagian owner jika usahanya dibuatkan SOP. Memang benar SOP harus dibuat sejelas mungkin agar setiap karyawan atau pelaksana SOP tersebut bisa memahami dan melaksanakan pekerjaan itu sesuai SOP yang dimaksud.
Justru dari sinilah kekhawatiran itu timbul… jangan-jangan usahanya nanti ditiru oleh karyawan dan karyawan akan membuka sendiri sebagai pesaing.
Contoh: Resep Masakan, Bagi pebisnis kuliner baik berupa makanan, kue atau minuman adalah rahasia produk yang paling penting dan utama. Maka bisa dimaklumi jika mereka sangat ketakutan resepnya dicuri atau diketahui orang lain. Karena itulah mereka enggan membuat SOP untuk proses produksi mereka.
Padahal dengan SOP tersebut seharusnya owner bisa membebaskan diri dari pekerjaan rutin ngurusin dapur atau produksi.
Rekan-rekan sekalian, mau gak saya beritahukan suatu rahasia agar resep dan proses produksi pada usaha kita tidak dibajak oleh orang lain?
Nah! Jika Anda ingin tahu rahasianya,,,
Ternyata sangat simple! Agar resep masakan Anda tidak bisa ditiru oleh orang lain adalah dengan menggabung beberapa bumbu menjadi bumbu jadi siap pakai. Dimana prosedur aplikasinya adalah cukup dengan memakai ukuran atau standar takaran yang ditetapkan.
Semoga bermanfaat….
*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog
Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

SOP RESTO / CAFE / WARUNG MODERN

Jangan kalah dengan Resto Waralaba! Dengan membuat sistem standar operasi (SOP), maka Anda dapat memodern usaha resto secara Autopilot. Usah...

Search This Blog

Labels