Tuesday, March 3, 2020

TEMUKAN BEST PRACTICE BISNIS ANDA


TEMUKAN BEST PRACTICE BISNIS ANDA
Best Practice atau praktik terbaik dapat didefinisikan sebagai suatu cara paling efisien (upaya paling sedikit) dan efektif (hasil terbaik) untuk menyelesaikan suatu tugas, berdasarkan suatu prosedur yang dapat diulangi yang telah terbukti manjur untuk banyak orang dalam jangka waktu yang cukup lama (Wikipedia).
Menurut Untung Sutikno, Best Practice adalah suatu ide atau gagasan mengenai suatu teknik, metode, proses, aktivitas, insentip atau penghargaan [reward] yang lebih efektif dalam mencapai keberhasilan yang luar biasa dibandingkan dengan teknik, metode, proses lain (untungsutikno.blogspot.co.id, 2010).
Apa hubungan best practice ini dengan sistem bisnis?

Sistem dibuat berdasarkan proses bisnis dalam suatu perusahaan. Proses bisnis dari perusahaan Anda dengan perusahaan lainnya berbeda – beda. Maka Anda tidak bisa sekedar Copy Paste sistem dari milik perusahaan lain yang lebih sukses untuk dipakai pada perusahaan Anda. Ibarat baju, tidak akan benar-benar pas dengan tubuh Anda jika tidak dibuat berdasarkan ukuran badan Anda sendiri. Bisa jadi baju tersebut kurang nyaman dipakai, kelonggaran atau kesempitan.
Maka, Anda harus menemukan best practice bisnis Anda sendiri! Ketahuilah best practice perusahaan lain bukanlah best practice pada perusahaan Anda. Maka sistem harus dibuat berdasarkan best practice perusahaan Anda sendiri. Demikian juga SOP (Standard Operating Procedure). Temukan cara yang terbaik dari setiap proses bisnis pada perusahaan Anda tersebut, kemudian Anda standarkan menjadi SOP untuk Perusahaan Anda.
Anda tetap membutuhkan system perusahaan lain agar bisa dipelajari. Dengan rumus ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) akan mempermudah Anda untuk menyusun system perusahaan Anda. Anda mesti tahu template laporan neraca, laba rugi dan cashflow perusahaan lain untuk dapat menyusun laporan keuangan Anda sendiri. Anda memerlukan template job descriptions, standard operating procedure (SOP), key performance indicators (KPI) berserta contoh – contohnya untuk mengetahui bagaimana system dibuat.
Sistem adalah sekumpulan prosedur dan perangkat yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan sistem itu diharapkan dapat menjamin suatu proses bisnis berjalan seperti yang Anda harapkan terlepas dari siapapun yang menjalankannya.
Siapapun penjualnya, sistem penjualan yang baik akan memberikan jaminan kualitas layanan terhadap pelanggan Anda. Sistem pemasaran yang tepat akan memberi kepastian pencapaian target penjualan. Sistem produksi yang baik akan menjamin kualitas produk seperti yang Anda inginkan.
Banyak cara untuk menyusun sistem bisnis. Dan di sini Anda dapat menemukan cara mudah menyusun SOP (Standard Operating Procedure) usaha Anda dengan tepat.
*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di  www.mastersop.com/katalog

Salam Founder

By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PAKET SOP PERUSAHAAN JASA KONTRUKSI / KONTRAKTOR

Banyak orang mengganggap Mengelola menajemen Perusahaan Kontraktor itu lebih Ribet dibadingkan dengan Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang ...

Search This Blog

Labels