Friday, April 3, 2020

JASA EVENT ORGANIZER (EO)

Bisnis Event Organizer (EO) semakin menjanjikan belakangan ini, dimana sejumlah orang dan juga organisasi jauh lebih memilih untuk menggunakan layanan EO untuk berbagai kepentingan acara yang mereka gelar. Lebih mudah dan praktis, sebab penggunaan EO memungkinkan pemilik hajat untuk bisa fokus pada hal lainnya selain persiapan acara yang mereka gelar.

Ini yang membuat semakin hari semakin banyak yang memilih untuk menggunakan layanan EO di dalam acara mereka, terutama acara yang berskala besar dan membutuhkan sejumlah persiapan yang cukup rumit.

Perlu diketahui, setiap kegiatan tanpa terkecuali penyelenggaraan event organizer memiliki faktor penentu kesuksesan. benar bukan? Lalu apa saja yang menentukan kesuksesan sebuah Event Organizer?

1. Context/Motivation
Penyelenggaraan event kerat kaitannya dengan bagaimana dan apa tujuan sebuah event dibuat. Konteks atau motivasi juga hal yang akan menentukan bagaimana strategi sebuah event organizer untuk menyelenggarakan sebuah event misal; target pasar, keuangan, dan juga tools yang digunakan.

2. Content
Konten sangat berhubungan dengan konteks. Konten sangat menyesuaikan dengan konteks yang diangkat dalam sebuat event. Konten adalah bagaimana kita dapat mendesain dan mengeksekusi sebuah event dengan baik sehingga tujuan dari event itu dibuat dapat tersampaikan kepada audiens.

3. Connection
Setiap bisnis apapun membutuhkan sebuah koneksi termasuk EO. Sebuah event organizer harus memiliki koneksi yang baik. EO harus membangun koneksi dengan beberapa pihak seperti pemerintah, komunitas, organisasi, vendor, atau EO lain.

Engagement ini juga dapat menciptakan peluang lain dalam membuat sebuah event. Misalnya Anda dapat membuat event yang bekerjasama dengan kementerian pariwisata dalam menyelenggarakan event pelatihan atau pengenalan pariwisata.

4. Capital/Competency
Faktor kesuksesan selanjutnya adalah modal. Modal pada penyelenggaraan event sebenarnya lebih berfokus pada sumber daya manusia-nya. Anda dapat menyelenggarakan event dengan modal nol rupiah namun Anda tidak bisa mendapatkan sumber daya manusia yang benar-benar memahami sebuah penyelenggaraan event.

5. Communication
Faktor kesuksen lainnya adalah komunikasi. Membangun komunikasi adalah hal terpenting bagi event organizer.  Komunikasi juga dapat membangun komitmen setiap stakeholder event. Siapa saja yang perlu Anda engage dalam membangun komunikasi pada penyelenggaraan event? Di antaranya adalah; pemerintah, asosiasi, organisasi, komunitas, vendor, investor, dan juga audiens event Anda.

6. Computizing
menghadapi bisnis EO yang semaki agile dan juga volatile. Anda perlu mengelola bisnis jasa event organizer dengan komputerisasi sistem. Komputerisasi atau otomasi adalah bagaimana Anda dapat mengelola sistem atau pekerjaan tertentu dengan bantuan alat. Seperti sistem tata kelola keuangan atau tata kelola absensi menggunakan aplikasi smartphone.

Semoga bermanfaat..

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

TIPS MENDAPATKAN KARYAWAN YANG TEPAT

Anda tentu tahu, bahwa sebuah rekrutmen merupakan serangkaian proses untuk mencari dari sekelompok pelamar kerja guna mengisi posisi yang te...

Search This Blog

Labels