Friday, April 3, 2020

KUALITAS WAJIB SEORANG PEMIMPIN


5 Zodiak Ini Terlahir dengan Sifat Seorang Pemimpin, Zodiakmu ...
Pemimpin itu ibarat seorang pilot yang mengemudikan pesawat. Ia harus tahu seluk beluk kemudi untuk bisa menerbangkan pesawat. Apabila ilmunya tidak mencukupi ataupun terjadi kesalahan boleh jadi pesawat yang dikendalikan tersebut bisa terjatuh.

Begitu pula dalam hal organisasi, perusahaan, negara dan lain sebagainya diperlukan seorang pemimpin untuk bisa mengatur dan mengendalikan apa-apa yang menjadi tanggung jawabnya.

Karena itu, untuk menjadi pemimpin bukanlah sebuah perkara yang mudah. dipundaknya telah disematkan tanggung jawab yang besar sehingga bisa mengatur sesuatu dengan baik.

Para ahli psikolog sepakat bahwasannya pemimpin yang murni itu lahir dari seseorang yang memiliki karakter koleris. Dimana Ia ditakdirkan memiliki karakter tegas dan mampu memimpin.

Selain itu, sifat pemimpin ini lahir dari lingkungannya yang membentuknya sehingga sifat tersebut muncul dan menjadi karakter yang melekat pada dirinya.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Lalu, sikap baik seperti apakah yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin? Berikut adalah beberapa sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin atau leader.

1. Komunikasi yang Baik dan Pemikiran Terbuka
Sebagai seorang pemimpin, berarti Anda harus bisa berkomunikasi dengan baik ke seluruh karyawan hingga ke pihak eksternal perusahaan. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karyawan maupun pihak lain akan lebih mudah mengerti apa yang ingin Anda sampaikan dan lakukan. Dilengkapi dengan pemikiran terbuka pemimpin akan menjadi jembatan yang baik yang bisa mengakomodir segala jenis pemikiran dari setiap karyawan. Kemampuan ini akan membantu pemimpin membangun fondasi yang bahagia dan produktif.

2. Percaya Diri
Untuk sikap percaya diri tampaknya wajib untuk dimiliki setiap orang dalam tim. Tanpa terkecuali. Hanya saja ini menjadi sangat penting bagi seorang pemimpin. Bagaimana seorang pemimpin bisa mengarahkan tim tanpa memiliki rasa percaya diri ? tidak mungkin bukan

3. Manajemen Waktu yang Baik
Menjadi leader atau pemimpin berarti Anda siap menerima tugas yang lebih besar, bukan hanya melakukan pengecekan atas pekerjaan yang dilakukan karyawan. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengelola waktu sebaik-baiknya untuk diri sendiri maupun bisnisnya. Dengan tidak memiliki manajemen waktu yang baik, mungkin saja seluruh pekerjaan Anda akan berantakan dan seluruh tenggat waktu yang telah ditentukan akan mundur.

4. Bersikap Adil
Dengan bersikap adil berarti Anda tidak boleh membeda-bedakan karyawan satu dan yang lainnya. Hal ini tentu dapat menimbulkan kecemburuan sosial antar karyawan yang bisa menyebabkan kehancuran dalam sebuah tim. Pemimpin yang adil akan lebih tahu pekerjaan apa yang pantas diberikan kepada karyawannya dan berapa gaji yang pantas diberikan kepada karyawan tersebut atas kerja kerasnya. 

5. Bertanggung Jawab
Seorang pemimpin yang baik juga harus memiliki tanggung jawab. Bahkan ketika ada seorang karyawan yang tidak bekerja dengan maksimal, karyawan lain dan pemimpin turut serta ambil bagian untuk mempertanggung jawabkan kesalahannya. Untuk menjadi pemimpin yang baik, Anda harus belajar untuk tidak mencari kambing hitam. Dalam sebuah perusahaan, kesalahan 1 bagian adalah tanggung jawab bersama karena tiap bagian tentunya memiliki hubungan dengan bagian lain. Melempar kesalahan pada karyawan dan tidak mencarikan jalan keluar bukan contoh pemimpin yang baik.

Semoga bermanfaat..

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

TIPS AGAR MUDAH MELAKUKAN CLOSING

Closing sebenarnya bukan akhir dari sebuah sistem marketing, namun teknik closing adalah strategi yang digunakan untuk mendorong customer me...

Search This Blog

Labels