Wednesday, April 1, 2020

MEMULAI BISNIS SENDIRI

Memulai Merintis Usaha
Saat ini, banyak orang-orang yang semakin sulit untuk mendapat pekerjaan, apalagi bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian khusus. Membuka usaha sendiri dapat menjadi suatu peluang bagi Anda untuk menghasilkan uang.

Memang tidak dapat dipungkiri, usaha sendiri terdengar sangat mengiurkan, menjadi boss untuk diri sendiri, waktu kerja bisa lebih fleksible, dan keuntungan yang didapat apabila usaha tersebut sukses tergolong besar. Akan tetapi, resiko yang dihadapi pun jadi jauh lebih besar dibanding menjadi karyawan perusahaan. Untuk itu Anda harus memikirkan dengan matang sebelum memulai bisnis sendiri.

Cara berbisnis memulai usaha sendiri perlu dimulai dari bertanya pada diri sendiri. Apa tantangan paling berat dalam memulai usaha sendiri? Bukan tidak ada modal, bukan tidak ada ide baru. Yang paling sulit adalah mempertahankan endurance berbisnis, tetap bertahan dalam usaha meskipun menghadapi banyak tantangan. Bagaimana cara memulai bisnis atau usaha sendiri supaya tidak mudah menyerah?

Berikut beberapa langkah sederhana untuk memulai bisnis sendiri.

1. Yakinkan dirimu dan minta dukungan dari keluarga

Mulailah untuk lebih memantapkan hati sebelum memutuskan pilihanmu. Apabila masih setengah hati saat mulai membangun usaha, Anda akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih sukses, usaha yang Anda bangun justru berhenti di tengah jalan.

Apabila sudah yakin, keluarga menjadi elemen terpenting sebelum memulai bisnis, apalagi jika Anda baru akan merintis bisnis. Keluarga menjadi pendukung dari segi materil dan non materil. Jika sampai keluarga tidak mendukung, bisnis yang Anda jalani akan semakin susah berkembang, malah bisa menjadi gagal karena tidak adanya dukungan dari keluarga. Oleh karena itu dalam berbisnis, dukungan keluarga sangat dibutuhkan, mulai dari awal merintis hingga sampai sukses nanti. 

2. Bekerja berdasarkan Passion

Bekerja karena dorongan cinta atau hobi pasti hasilnya akan berbeda. Ada keinginan kuat memberikan yang terbaik. Kasarnya, tidak dibayar pun, kita mau mengerjakan hal tersebut.

Passion merupakan penyemangat yang manjur saat bisnis sedang susah. Walaupun penjualan sedang merosot, tetapi karena melakukannya bukan karena tuntutan keuntungan, namun karena memang menyukainya, kita akan terus berkarya memberikan yang terbaik.

3. Berbagi Keberhasilan

Dalam setiap bisnis, baru atau lama, yang penting adalah memperoleh lebih banyak daripada yang dikeluarkan, dan ini paling jelas dalam menjalankan bisnis kecil dan masih baru.

Saat kita merekrut pegawai atau karyawan, yakinkan mereka mengenai diri kita, visi dan masa depan mereka.

Serta janjikan bahwa dengan semakin besar dan berhasilnya perusahaan, penghasilan yang akan mereka peroleh jauh lebuh besar daripada yang dapat mereka terima di perusahaan lain.

4. Terbuka terhadap setiap evaluasi

Salah satu rahasia kesuksesan adalah “proses belajar”. Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain. Cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan diri pada saat berbisnis.

5. Melipat Gandakan biaya eksploitasi

Orang sering melupakan biaya tersembunyi dalam memulai suatu bisnis baru. Hal ini barangkali timbul oleh keinginan berlebihan untuk meng-efesienkan jumlah itu.

Jangan mengabaikan biaya-biaya untuk tunjangan sosial dan alat tulis. Alat tulis seperti pensil dan ballpoint kelihatannya kecil, namun bila dijumlahkan selama setahun akhirnya akan menjadi banyak juga.

Salah satu cara yang sudah terbukti cukup akurat adalah dengan melipatgandakan biaya operasi dari jumlah yang semula di-anggarkan

Banyak orang yang ingin memulai usaha baru, tapi tidak pernah berani memulainya dengan alasan menunggu sampai  mereka telah menyimpan jumlah uang yang cukup.

Dalam mewujudkan rencana usaha kita, jika kita selalu beranggapan bahwa pengeluaran harus selalu maksimum, rencana kita tidak akan lebih dari sekedar latihan mental.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Semoga bermanfaat

Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PAKET SOP PERUSAHAAN JASA KONTRUKSI / KONTRAKTOR

Banyak orang mengganggap Mengelola menajemen Perusahaan Kontraktor itu lebih Ribet dibadingkan dengan Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang ...

Search This Blog

Labels