Saturday, April 18, 2020

MENGENAL POTENSI DIRI

Setiap orang tentu memiliki potensi di dalam dirinya, meski mungkin saja jumlah potensi ini tidak pernah sama antara satu dengan yang lainnya. Karena setiap orang dilahirkan dalam keadaan yang sebaik-bainya. Berbagai macam potensi diri inilah yang kemudian akan Membantu kita untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berbagai hal, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah dan kendala yang kita temui di dalam kehidupan kita. 

Begitu pentingnya untuk memiliki potensi diri yang maksimal di dalam hidup ini, agar semua bisa berjalan dengan lebih mudah dan menyenangkan bagi diri kita sendiri. Yang menjadi pertanyaan, apakah potensi diri sendiri sudah digunakan secara optimal?

Silahkan dijawab sendiri ya, karena yang paling mengetahui potensi diri adalah diri Anda sendiri.

Nah, bagi yang belum mengenali potensi diri secara optimal, yuk kenali. Berikut ada beberapa macam potensi diri yang harus dikembangkan dalam meraih kesuksesan dalam karir, bisnis atau lainnya.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

1. Menjadi Diri Sendiri
Setiap orang memiliki prinsip-prinsip tertentu sebagai dasar kehidupan.
Menjadi diri sendiri berarti memegang prinsip-prinsip kebenaran dan tidak mudah terombang-ambing dengan situasi dan kondisi.

2. Rasa Humor
Tertawa merupakan kekuatan potensial dan konstruktif untuk menghilangkan ketegangan karir profesional dan bisnis. Oleh karena itu jadilah orang yang dapat mengendalikannya.
Jika anda dapat menunjukkan hal-hal yang lucu atau ganjil mengenai situasi atau konfrontasi.

3. Mengendalikan Emosi
Salah satu cara terbaik untuk mengendalikan emosi adalah memaksa diri kita untuk beraksi dan bukan bereaksi terhadap situasi.

Saat Anda kecewa karena gagal interview kerja, sangat sukar untuk tidak menyampaikan perasaan kecewa kepada orang lain. Oleh karena itu cara lain untuk mengendalikan emosi adalah pengkotakan.

Pengkotakan (compartmentalizing) adalah menempatkan emosi dalam situasi tertentu yang terkurung dalam batas-batas situasi tersebut. Hal ini mudah untuk dinasehatkan, namun sulit diterapkan.

4. Tidak Perlu Sempurna
Setiap orang pernah membuat kekeliruan, dan tentunya tidak sempurna. Karena sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Tuhan.

Kekeliruan itu akan menjadi kesalahan hanya bila dilakukan BERULANG-ULANG.
Anda tidak harus menjadi sempurna, tapi Anda harus belajar dari ketidaksempurnaan Anda.

Yuk optimalkan dan gunakan apa yang sudah ada dalam diri kita untuk aktivitas yang bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain. Sayang kan, bila dibiarkan begitu saja…

Semoga bermanfaat..
Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055 

No comments:

Post a Comment

STRATEGI RASULULLAH DALAM BERBISNIS

Marketing adalah sebuah konsep yang dimunculkan untuk menghasilkan suatu proses penjualan yang bisa menguntungkan perusahaan ataupun ind...

Search This Blog

Labels