Monday, April 13, 2020

ONLINE MARKETPLACE


Tips Mencari Produk Laris di Marketplace untuk Diiklankan di Facebook
Bagi pemilik bisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan marketplace. Iya, marketplace yang saat ini mulai dikenal luas dan berkembang cukup pesat di Indonesia. 

Platform e-commerce yang setiap harinya bisa dikunjungi oleh jutaan orang dari seluruh dunia ini memang semakin diminati, baik oleh para pemilik toko online yang ingin memperluas penjualan serta pembeli yang menginginkan banyak pilihan sekaligus dan proses pembayaran yang aman.

Orang-orang lebih memilih melakuka jual beli melalui online marketplace karena mudah dan juga praktis. Melalui platform marketplace, Anda juga tidak perlu menyewa tempat untuk membuka lapak jualan Anda.

Namun sebelum membuka lapak bisnis Anda di online marketplace, Anda perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan berjualan pada platform online marketplace.

Kelebihan Online Marketplace

a. Peluang Lebih Besar Melalui Komunitas
Online Marketpace dapat dikatakan sebagai wadahnya para penjual. Melalui platform ini Anda dapat menciptakan peluang lebih besar dengan membangun relasi dengan penjual lain melalui komunitas. Anda dapat saling berbagi ilmu, berbagi peluang, dan bekerjasama dalam membangun peluang baru.

b. Mudah Membandingkan Harga
Fitur ini sangat berguna sekali untuk membantu calon pembeli membandingkan harga dan kualitas produk, yang terkadang ditawarkan oleh beberapa penjual berbeda dengan rentang harga yang cukup jauh.

c. Lebih Meyakinkan Pembeli
Dengan memanfaatkan marketplace, pembeli akan lebih percaya dan aman saat melakukan transaksi. Apalagi jika marketplace gencar melakukan promosi ke berbagai media baik online maupun cetak sehingga bisa lebih dikenal banyak orang. Berbeda jika Anda membuka toko online sendiri, pasti pembeli akan merasa curiga akan keamanan toko online yang Anda miliki.

d. Tidak Perlu Modal Besar
Tidak seperti offline marketplace, platform online tidak memerlukan sewa tempat. Beberapa online marketplace yang terintegrasi biasanya menerapkan biaya “sewa” namun tidak sebesar biaya sewa tempat seperti ruko atau lapangan. Namun online marketplace yang gratis seperti grup Facebook, forum jual-beli online, Anda tidak memerlukan biaya sama sekali.

e. Anda dapat Memantau Perkembangan Bisnis Anda
Beberapa pengelola online marketplace biasanya memiliki fitur insight. Fitur insight dapat memantau seberapa orang yang mengunjung toko Anda, jumlah orang merespon, jumlah orang yang mekakukan komunikasi dan jumlah orang yang membeli produk Anda.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Kekurangan Bisnis Marketplace

a. Sulit Mendapatkan Trust
Salah satu kekurangan online markerplace adalah Anda sulit mendapatkan trust. Penjualan online sejak dulu dikenal dengan scamming, penipuan, dan juga barang-barang ilegal. Terlebih di dalam online marketplace, Anda akan ikut bersaing dengan oknum penjual yang tidak bertanggungjawab. Bahkan produk Anda punya kemungkinan untuk ditiru.

b. Persaingan Antar Pedagang Tinggi
Karena online platform memiliki banyak pelanggan dan punya kecenderungan menjual produk yang sama, menjadikan persaingan antar para pedagang di online marketplace sangat tinggi. Anda harus beradu strategi dalam mendapatkan penjual. Tips berjualan online marketplace, Anda harus rajin untuk mengawasi pasar dan melakukan diferensiasi produk dengan penjual lain. Anda juga dapat memanfaatkan fitur gratis ongkir yang diberikan oleh pengelola platform.

c. Bergantung pada Pengelola Online Marketplace
Keberlangsungan bisnis Anda sangat tergantung dengan pengelola online marketplace. Jika pengelola memiliki reputasi buruk, kurang melakukan promosi, dan juga tidak memiliki regulasi yang baik, maka itu semua akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda. Semua bergantung pada pengelola dan pemilik marketplace.

d. Sporadis
Salah satu kekurangan  bisnis melalui online marketplace adalah  keadaan pasar yang sporadis. Jika Anda berjualan pada marketplace yang beragam, Anda cenderung sulit ditemukan oleh calon pembeli. Karena pengelola online marketplace tidak akan menganak-emaskan suatu toko. Online marketplace yang memiliki keragaman produk akan menyulitkan pembeli dalam mencari produknya. Pembeli akan mencari dengan kata kunci, namun dari kata kunci yang diberikan, pembeli juga akan memilih kembali dari ribuan mungkin jutaan produk yang sama.

Sedikit Kelebihan dan kekurangan yang sudah kita bahas secara umum di atas bisa menjadi acuan analisis pemilihan sasaran penjualan. 

Semoga bermanfaat..
Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PAKET SOP PERUSAHAAN JASA KONTRUKSI / KONTRAKTOR

Banyak orang mengganggap Mengelola menajemen Perusahaan Kontraktor itu lebih Ribet dibadingkan dengan Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang ...

Search This Blog

Labels