Tuesday, April 21, 2020

PENGGABUNGAN USAHA

Penggabungan usaha (business combinations) seringkali dilakukan dengan tujuan untuk memproduksi secara lebih efisien, diversifikasi lini produk, memperluas usaha secara geografis, atau memperoleh ilmu pengetahuan baru.

Penggabungan usaha itu bisa dilakukan dengan cara merger atau akuisisi.
Merger adalah penggabungan dua atau lebih perusahaan secara bersama-sama. Dalam proses merger ini biasa dimunculkan satu nama baru hasil dari penggabungan usaha.

Sedangkan akuisisi adalah proses penggabungan usaha melalui proses pembelian perusahaan oleh perusahaan lain untuk tujuan tertentu.
Sebagai contoh, Delta Airlines mengakuisisi Comair Holdings Inc pesawat jet regional untuk mengangkut penumpang dari kota kecil ke dalam sistem pusat kegiatan kota besar.
 
Sebuah perusahaan, kadangkala juga akan membeli sebagian besar atau seluruh saham perusahaan lain dengan alasan untuk MEMILIKI dan mengendalikan entitas lain.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Strategi Menciptakan Sinergi Melalui Penggabungan Usaha
Sinergi dapat dirasakan perusahaan yang bergabung saat nilai perusahaan sebagai unit kesatuan lebih besar daripada nilai mereka sebagai perusahaan yang terpisah.

Bagaimana penggabungan usaha (merger) dapat menciptakan sinergi?
Berikut adalah empat strategi dasar untuk menciptakan nilai dalam sebuah penggabungan usaha

1. Mengurangi Biaya-biaya
Saat dua perusahaan bergabung, mereka dapat menghapus beban administrasi ganda.
Sebagai contoh, perusahaan yang bergabung tidak membutuhkan dua orang presiden direktur atau dua orang direktur keuangan. Atau perusahaan dapat berjalan dengan satu sistem komputerisasi atau jaringan distribusi.

2. Mengganti Manajemen
Jika perusahaan yang menjadi target telah mengalami kesalahan dalam manajemen, perusahaan pengakuisisi dapat membeli perusahaan yang diincar dengan harga rendah dan mengganti tim menajemen perusahaan tersebut.

3. Integrasi Horizontal
Perusahaan pengakuisisi dapat membeli perusahaan yang diincar karena perusahaan tersebut memiliki lini produk, wilayah, atau data pelanggan yang dapat melengkapi miliknya sendiri.

Entitas baru yang telah digabungkan dapat melayan pelanggan dengan jangkauan yang lebih luas daripada saat masih menjadi dua entitas yang terpisah.

4. Integrasi Vertikal
Integrasi vertikal muncul saat sebuah perusahaan mengakuisisi pemasok atau pelanggan.
Mengakuisisi pemasok dapat memberikan persediaan yang stabil untuk sumber daya strategis dan mengurangi biaya koordinasi.

Semoga bermanfaat..
Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

TIPS AGAR MUDAH MELAKUKAN CLOSING

Closing sebenarnya bukan akhir dari sebuah sistem marketing, namun teknik closing adalah strategi yang digunakan untuk mendorong customer me...

Search This Blog

Labels