Thursday, April 2, 2020

SKALA PRIORITAS UNTUK BISNIS ANDA

Bagi setiap orang, meraih kesuksesan tentunya menjadi impian besar yang ingin dicapai. Tak terkecuali Anda sebagai para pelaku usaha. Yang dimana selalu memimpikan kerajaan bisnis Anda bisa berkembang dengan cepat sehingga keuntungan yang didapat juga bisa melesat pesat.

Karenanya,  berbagai cara dan upaya mulai dijalankan untuk mewujudkan kesuksesan usaha. Salah satunya dengan menyusun skala prioritas untuk meraih kesuksesan bisnis Anda.

Dimana skala prioritas sendiri adalah suatu daftar yang memuat berbagai macam kegiatan atau kebutuhan yang disusun berdasarkan tingkat kepentingannya. Menyusun skala prioritas dapat bermanfaat dan penting bagi pelaku bisnis untuk menjaga profesionalitas kerja. 

Akan tetapi, menyusun skala prioritas adalah hal yang tidak mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyusun skala prioritas agar terhindar dari permasalahan yang dapat ditimbulkan dikemudian hari.

Apa yang harus diperhatikan dalam menyusun skala prioritas?

1. Tingkat kepentingan

Tingkat kepentingan bisnis yang dimaksud disini adalah Anda harus menentukan tingkat kepentingan dari semua kegiatan bisnis yang harus Anda kerjakan. Pilih kegiatan yang paling mendesak atau yang paling penting terlebih dahulu baru setelah itu beralih ke kegiatan yang tidak begitu penting.

2. Masa depan bisnis

Dalam menjalankan sebuah kegiatan bisnis, tentu ada berbagai macam sebab akibatnya. Maka dari itu dalam menyusun skala prioritas sebaiknya Anda memperhatikan masa depan bisnis Anda. Pilih kegiatan yang tepat untuk dijalankan dan jadikan prioritas penting agar dapat membawa dampak positif bagi masa depan bisnis Anda.

3. Kemampuan

Tentunya dalam menyusun skala prioritas akan lebih mudah menjalankannya jika memperhatikan kemampuan bisnis Anda. Hal itu dilakukan agar skala prioritas atau kegiatan yang akan dijalankan dapat bisa dan tepat dikerjakan. Jika Anda menyusun skala prioritas tidak sesuai dengan kemampuan bisnis Anda maka dikhawatirkan akan mengalami kendala dalam menjalankannya.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Setelah mempertimbangkan ketiga hal diatas, Anda dapat menyusun skala prioritas dengan lebih mudah dan tepat dengan cara sebagai berikut:
  • Mencatat seluruh kegiatan dan kebutuhan bisnis Anda tanpa ada yang terlewatkan. Mulailah mencatat semuanya agar jelas apa saja yang perusahaan Anda perlukan.
  • Buatlah daftar kegiatan dan kebutuhan perusahaan Anda berdasarkan pertimbangan mana yang paling penting atau mana kebutuhan yang perlu didahulukan pemenuhannya. Semuanya akan lebih mudah untuk diurutkan ketika Anda tahu mana yang paling penting dan mana yang paling mendesak.
  • Buatlah catatan tambahan yang penting dan berhubungan dengan kegiatan atau kebutuhan tersebut. Catatan ini bisa juga menjadi bahan pertimbangan selanjutnya agar lebih jelas kebutuhan mana yang paling penting dari yang penting. 
  • Disiplin terhadap skala prioritas yang telah dibuat. Setiap skala prioritas yang telah disusun tidak akan bisa sukses diberlakukan jika Anda tidak disiplin menjalankannya. Tetap fokus dan menjalankan rencana sesuai dengan skala prioritas yang telah dibuat.

Semoga bermanfaat..

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PAKET SOP PERUSAHAAN JASA KONTRUKSI / KONTRAKTOR

Banyak orang mengganggap Mengelola menajemen Perusahaan Kontraktor itu lebih Ribet dibadingkan dengan Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang ...

Search This Blog

Labels