Friday, April 24, 2020

VALUE (NILAI) BUDAYA PERUSAHAAN YANG JARANG DIKETAHUI


Nilai-nilai atau corporate value yang dianut perusahaan ditanamkan oleh owner atau pendiri perusahaan. Nilai ini diaktualisasikan dalam setiap tindakan karyawan dalam mengelola perusahaan.
Kalau visi misi tidak ada culture, bagaimana untuk mencapai goal?

Nilai-nilai atau corporate value yang dianut perusahaan harus ditanamkan oleh owner / pendiri perusahaan.

Nilai ini diaktualisasikan pada setiap tindakan operasional perusahaan. Tidak hanya sekedar formalitas. Seringkali kita malas membuat visi misi karena sering berfikir bahwa hal itu adalah formalitas semata. Pemikiran owner “yang penting saya untung, penjualan untung” harus segera ditiadakan. Justru itu apabila kita sudah membuat visi misi, maka harus ada value yang harus kita jaga, kita hidupkan dan implementasikan sehari-hari dalam proses bisnis usaha kita. Demi perkembangan perusahaan di masa yang akan datang.

System yang tidak memiliki value, seperti kehilangan jiwa. Jika diterapkan akan terasa hampa sehingga tidak mampun menumbuhkan sense of business, sense of crisis maupun sense of belonging dari para karyawannya. Mengapa? Karena value atau culture atau budaya kerja itu adalah prinsip utama dalam bekerja. Mari kita lihat penjelasannya

Value atau culture adalah prinsip utama dalam bekerja:

1.       Perilaku yang diakui
Misalnya dalam perusahaan, saya menetapkan value disiplin dalam perusahaan. Maka ini sebagai pengakuan bahwa siapa saja yang bekerja dengan saya, harus mengikuti value tersebut. Sehingga pada saat recruitment, terangkan kepada mereka tentang budaya kerja yang kita miliki. Jadi, value tersebut sudah ditanamkan sejak awal untuk mendukung visi misi perusahaan.

2.       Mentalitas yang disepakati
Kalau calon karyawan tidak mampu untuk mengikuti value di perusahaan kita, maka lebih baik mundur saja karena tidak adanya kesepakatan mentalitas.

3.       Kebiasaan yang dibanggakan
Baik itu akan dibanggakan oleh karyawan ataupun juga owner.

Budaya kerja itu penting, karena merupakan bagian dari fundamental sistem yang harus kita buat, tidak hanya sekadar SOP.

Dapatkan serial contoh sop perusahaan di link www.mastersop.com/katalog

Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

TIPS AGAR MUDAH MELAKUKAN CLOSING

Closing sebenarnya bukan akhir dari sebuah sistem marketing, namun teknik closing adalah strategi yang digunakan untuk mendorong customer me...

Search This Blog

Labels