Sunday, May 17, 2020

MENGUKUR LEVEL BUSINESS PROCESS MATURITY

                                 

Kedewasaan bisnis itu sangat berpengaruh. Seseorang pernah bertanya kepada saya tentang bisnisnya, “Pak, saya sudah buat SOP tapi kenapa tidak berjalan?”.
Saya menjawab karena itu business maturity nya belum sampai. Ya, suatu bisnis akan bisa dikatakan matang apabila sudah tersistem dengan baik. Untuk mengetahui sudah sampai manakah level maturity/kematangan  bisnis tersebut, disini ada tabel Level of Business Process Maturity.

Pada level 1 itu biasanya, sebuah bisnis dijalankan hanya oleh ownernya (One man show). Kalaupun ada karyawan tapi tidak adanya keterbukaan. Tak ada transparansi, tidak ada struktur organisasi, tiba-tiba sudah punya SOP tapi tidak dijalankan oleh karyawannya. Dan pada akhirnya semua urusan akan kembali lagi ke owner. Inilah pentingnya membangun bisnis dengan membuat struktur organisasi. Mengapa tidak ada struktur organisasi? Tidak ada pendelegasian? Jika tak ada pendelegasian, maka wewenang pun juga tidak ada. Inisiatif pun tak ada. Hanya bisa mengandalkan manajer yang hebat. Tapi apabila one man show ini tiba-tiba menghilang, apakah bisnis bisa bertahan? Bukan hanya tidak bisa bertahan. Tapi bisa saja bisnis itu collapse setelah sang manajer tersebut hilang.

Kemudian kalau kita bandingkan dengan level 2, terlihat ada perbedaan di proses re-engineering. Sudah ada tapi terbatas, namun sudah mulai terlihat peningkatan. Praktek manajemennya pun sudah mulai terbuka serta tim sudah terbentuk. Tetapi pertanyaan yang paling penting pada tahap ini adalah: Apakah ada goalnya? Kalau kita memiliki tim, harus ada visi misi / target. Kalau tidak, kita bekerja untuk apa? Harus ada sistem yang baik agar semua dapat terorganisasi. Tim bekerja berdasar standar SOP yang ada.

Kembali ada yang bertanya: “Pak saya sudah punya teamwork, sudah saya training dan juga hiburan, tetapi kenapa masih tidak berjalan juga?”
Ya karena syarat belum terpenuhi, apakah sudah melengkapi bisnis dengan job description dan struktur organisasi sehingga pembagian tugas jelas? SOPnya seperti apa? Apakah ada reward and punishment bagi karyawan?

Kita akan bisa melaksanakan SOP dengan baik dan ideal apabila bisnisnya sudah berada pada level 3 maturity. Maka apabila bisnis kita masih berada di level 1 dan 2, ini adalah saat yang baik untuk memperbaiki tim yang kita punya. Mengenalkan ke meraka bahwa usaha ini harus berjalan tersistemasi dan membutuhkan kerjasama dari semua pihak. Hal ini akan mempercepat kenaikan level bisnis kita ke level 3 dimana SOP bisa terlaksana dengan baik.

Apabila sudah berada pada level 4, bisnis Anda bisa dikatakan kuat dan anda mulai bisa memprediksinya.

Untuk level selanjutnya, Anda juga dapat melihat pada tabel di bawah ini. Identifikasi dimana kah level bisnis anda saat ini berada?

                                      

Dapatkan serial contoh sop perusahaan di link www.mastersop.com/katalog

Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

STRATEGI RASULULLAH DALAM BERBISNIS

Marketing adalah sebuah konsep yang dimunculkan untuk menghasilkan suatu proses penjualan yang bisa menguntungkan perusahaan ataupun ind...

Search This Blog

Labels