Wednesday, May 6, 2020

MERAIH FINANCIAL FREEDOM

Apa sih financial freedom atau kebebasan finansial itu?

Financial freedom atau kebebasan finansial itu tidak hanya sebatas Anda memiliki banyak uang saja, tetapi financial freedom atau kebebasan finansial itu adalah ketika Anda bisa menjadi diri Anda sendiri dan melakukan apapun yang Anda inginkan di hidup Anda. Dengan pengaturan keuangan yang baik, semua hal bisa Anda wujudkan. Untuk meraih financial freedom, Apa yang harus Anda persiapkan?

1. Mindset Yang Tepat
Setiap keputusan yang diambil berarti melewati proses dan Anda tahu akan resiko yang dihadapi. Kebebasan finansial bukan sesuatu yang instan atau bisa didapatkan dengan mudah. Maka dari itu niatkan yang kuat untuk memulainya, bayangkan saja bahwa dengan apa yang akan Anda lakukan, nantinya mampu membuat orang-orang yang Anda cintai ataupun diri Anda sendiri akan merasa bahagia

2. Kenali Kondisi Keuangan Anda
Seberapa Anda tahu tentang bagaimana kondisi keuangan yang sedang Anda hadapi saat ini dan di kemudian hari?

Anda harus paham apakah pendapatan Anda saat ini dapat mencukupi segala kebutuhan atau belum, jika belum Anda perlu melakukan kroscek kembali pengeluaran harian Anda.

Mulailah pahami kondisi Anda sendiri, hitunglah berapa pendapatan yang Anda dapatkan per bulan dan berapa yang Anda keluarkan setiap bulannya. Kemudian hitunglah apakah yang Anda dapat dan keluarkan sudah sejalan dengan cita-cita Anda di kemudian hari.

Dapatkan serial contoh sop perusahaan di link www.mastersop.com/katalog

3. Tentukan Tujuan
Menentukan tujuan yang tepat merupakan indikasi sebuah keberhasilan di awal. Sebab ketika Anda sudah mengetahui tujuan apa yang ingin dicapai, berarti Anda sudah paham betul bagaimana nanti akan mencapainya.

Namun saat Anda belum tahu apa tujuan Anda sekarang, jangan khawatir, cobalah dengan menentukan tujuan jangka pendek, menengah dan panjang. Mulailah dengan yang mudah terlebih dahulu, misalnya menyisihkan sebagian penghasilan untuk diinvestasikan.

4. Membuat Rancangan Keuangan
Guna mendapatkan hasil yang maksimal, segala sesuatu harus direncanakan dengan tepat. Membuat rancangan keuangan adalah salah satunya. Bagaimana membuat rancangan keuangan yang tepat, berikut ini tips yang dapat Anda gunakan :

- Mulailah dengan mencatat segala aktifitas keuangan Anda
Dari sini Anda mulai punya kesadaran untuk peduli dengan segala sesuatu yang Anda lakukan dan bagaimana kondisi keuangan saat ini.

- Memprioritaskan penghasilan untuk ditabung dan diinvestasikan.
Cobalah mengubah mindset Anda, kata kuncinya adalah “memprioritaskan”, bukan “menyisihkan”. Lakukan mulai dari sekarang dan jangan ditunda dengan berbagai alasan.

-Fokus pada Kebutuhan dan Mengurangi Keinginan.
Pikirkan baik-baik saat Anda ingin membeli sesuatu, jangan terburu-buru atau hanya menuruti nafsu keinginan sesaat.

- Siapkan Dana Darurat
Mulailah menyiapkan proteksi yang cukup. Milikilah dana darurat dan kemudian proteksi diri Anda sesuai kebutuhan. Misalnya proteksi jiwa dan proteksi untuk kesehatan. Atau misalnya jika Anda berencana menyekolahkan anak sampai ke perguruan tinggi, maka milikilah proteksi dan asuransi dana pendidikan.

5. Aktif
Untuk dapat mencapai kebebasan finansial tidak bisa jika Anda hanya melamun atau tidur kemudian mendadak kaya. Mulailah bergerak, bekerja sesuai dengan kemampuan dan potensi yang Anda miliki. Lakukanlah sekarang, jangan menunggu nanti atau besok. Kesuksesan Anda sudah menanti di depan sana.

Semua orang yang bekerja pasti mengidam-idamkan agar dapat mencapai kebebasan keuangan. Kebebasan keuangan atau kebebasan finansial juga dapat dapat didefinisikan sebagai fase ketika Anda berada dalam ketenangan dan pilihan untuk tidak bekerja lagi demi uang, karena uanglah yang bekerja untuk Anda (passive income). Passive income yang dimaksud adalah uang yang masuk tanpa harus Anda bekerja.

Semoga bermanfaat..
Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PAKET SOP PERUSAHAAN JASA KONTRUKSI / KONTRAKTOR

Banyak orang mengganggap Mengelola menajemen Perusahaan Kontraktor itu lebih Ribet dibadingkan dengan Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang ...

Search This Blog

Labels