Wednesday, May 27, 2020

PENDIDIKAN BUKAN SEBUAH PABRIK TAPI SEBUAH INVESTASI

Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan penting yang tidak dapat dipisahkan oleh manusia. Dimana pada saat ini pendidikan dipandang sebagai suatu investasi masa depan. Pendidikan bukan saja sebuah investasi yang bernilai ekonomi, tetapi sebagai suatu investasi untuk mendapatkan derajat yang lebih tinggi dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat.

Pendidikan diartikan sebagai suatu sektor yang penting dalam meningkatkan kualitas hidup baik dilihat secara materil maupun non materil. Dimana semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin tinggi kualitas hidupnya terutama dalam hal kesejahteraan hidupnya. Oleh karna itulah pendidikan dijadikan sebuah investasi di masa yang akan datang yang memberikan banyak manfaat dan perubahan.

Tanamkan pada diri Anda bahwa investasi pada pendidikan juga tidak sia-sia karena Anda mendapatkan ilmu dan keterampilan yang akan bermanfaat dikemudian hari.

Memang masih sering kita temui harapan orang tua tentang proses pendidikan yang dijalani anak mereka. Harapan orang tua cenderung besar hanya pada aspek ekonomi. Misalnya saja sudah berapa banyak biaya yang dihabiskan untuk kepentingan pendidikan anak, maka mereka berharap kelak biaya tersebut bisa perlahan lahan kembali.

Pendidikan bukanlah sebuah pabrik,  namun Investasi. Maksudnya, pendidikan bukanlah sebuah pabrik yang dapat memproses sesuatu untuk memberikan sesuatu yang lain. Seperti investasi tanah, emas dan properti, pendidikan adalah salah satu dari bagian investasi. Bahkan menjadi investasi yang terpenting bagi kehidupan di sepanjang zaman. Sebab dengan pendidikanlah manusia mampu untuk fleksibel dan adaptif dalam mengikuti perkembangan zaman yang semakin cepat.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Seseorang biasanya menghabiskan waktu lama untuk pendidikan formal. Setelah itu, ia bisa mulai mencari pekerjaan untuk membiayai kehidupan diri mereka sendiri. Meskipun pendidikan formal sudah selesai, bukan berarti Anda berhenti untuk terus belajar. Belajar harus dilanjutkan meskipun saat ini Anda sudah memiliki pekerjaan yang mapan dan baik. 
Ada banyak manfaat yang didapatkan saat Anda terus belajar, antara lain :

1. Menjaga Otak Tetap Sehat
Harvard Health Publications yang mengungkapkan bahwa tingkat pendidikan formal yang lebih tinggi berkaitan dengan fungsi mental yang lebih baik di masa tua. Hal ini artinya belajar memiliki manfaat untuk mempertajam pikiran dan mempertahankan ingatan.

2. Keterampilan Interpersonal Lebih Terasah
Belajar bersama bisa dilakukan lewat pendidikan non-formal atau kursus, hal ini bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan sosial. Manusia sendiri merupakan makhluk sosial yang membutuhkan ikatan dan kedekatan dengan teman, keluarga, dan sahabat. Kebutuhan sosial manusia bisa didapatkan dengan cara bergaul dengan orang baru dan menjalin kedekatan dengan keluarga yang ada.

3. Membantu Arah Pengembangan Karir
Jadilah seseorang yang senantiasa terus belajar dan mau mengembangkan keterampilan di bidang yang sedang Anda geluti. Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari membaca, mengikuti kelas online, seminar, workshop, dan lainnya.

4. Menambah Pengalaman
Pengalaman merupakan penerapan teori dan pengetahuan yang sudah Anda dapatkan lewat pembelajaran. Anda harus berinisiatif untuk memperluas pengetahuan dan terus mengasah pengalaman yang dimiliki.

Anda bisa mengikuti kelas-kelas yang bermanfaat seperti kelas menjahit, kelas memasak, kelas bahasa, kelas public speaking, dan berbagai kelas yang Anda sukai. Melakukan sesuatu yang disukai akan membuat Anda bisa berkembang dengan optimal.

Semoga bermanfaat..
Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PAKET SOP PERUSAHAAN JASA KONTRUKSI / KONTRAKTOR

Banyak orang mengganggap Mengelola menajemen Perusahaan Kontraktor itu lebih Ribet dibadingkan dengan Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang ...

Search This Blog

Labels