Friday, May 1, 2020

TIPS SEDERHANA MANAJEMEN SDM

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hal penting buat perusahaan, apalagi kalau perusahaan tersebut memiliki jumlah karyawan yang banyak. Kalau Anda mengelola usaha kecil, mungkin Anda bisa mengelola SDM sendiri. Namun bagi perusahaan besar membutuhkan divisi tersendiri yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan SDM. Pekerjaan ini jelas membutuhkan kebijaksanaan, dedikasi, dan kemampuan mengorganisir. Buat Anda yang bergelut dalam bidang SDM, apalagi jika Anda adalah seorang Manajer SDM, pasti sering mengalami pasang surut dalam pengelolaan.

Nah, berikut tips sederhana dalam manajemen SDM:

1. Jadi problem solver
Dalam banyak kasus, manajer SDM harus berurusan dengan situasi yang tidak jelas. Apakah itu pelecehan seksual? Diskriminasi? Ada banyak tekanan untuk memutuskan hasil ketika ada area abu-abu, dan penting untuk mengetahui kapan harus membuat keputusan yang tegas sendiri, dan kapan harus meminta bantuan kepada rekan atau manajer. Dalam kasus ini, sangat membantu untuk mengasah kemampuan negosiasi dan mediasi. Bahkan Anda juga mempelajari manajemen konflik, karena gak semua konflik yang muncul dapat diselesaikan dengan mudah dan diterima oleh semua pihak.

Problem solver yang baik yaitu bisa menjadi ‘penengah’ apabila muncul konflik, serta membantu proses negosiasi dan mediasi agar masalah bisa terselesaikan dengan baik.

2. Bersikaplah bijaksana dan selalu etis
Mengelola SDM membuat Anda harus mengutamakan kepentingan orang lain terlebih dahulu daripada kepentingan pribadi. Kadang hal ini cukup berat, tetapi di sini lah Anda dituntut untuk menjadi seorang yang bijaksana. Apalagi jika Anda adalah seorang Manajer SDM, Anda harus bisa mendengarkan keluh kesah karyawan dan mengambil keputusan yang sejalan dengan nilai-nilai perusahaan.

3. Selalu berkomunikasi
Salah satu keterampilan yang paling penting untuk dimiliki dalam manajemen SDM adalah komunikasi. Manajer SDM perlu melaporkan kepada manajer yang lebih tinggi, kepala departemen lain, staf divisi sendiri, bahkan staf departemen lain tentang perkembangan kualitas SDM yang ada di perusahaan.

4. Tetap teratur
Dalam mengelola SDM, tentu Anda akan banyak berurusan dengan berkas-berkas maupun data-data. Cobalah untuk tetap teratur dalam penyimpanan dokumen. Anda harus bisa mengorganisir data-data yang Anda kelola terkait SDM. Bahkan buat perusahaan besar, hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, sehingga Anda bisa menyimpan data-data secara aman.

Menjadi seorang Manajer SDM memang gak mudah, ada banyak tantangan yang dihadapi. 4 tips di atas bisa mulai Anda terapkan untuk bisa mencapai kesuksesan dalam manajemen SDM.

Dapatkan serial contoh sop perusahaan di link www.mastersop.com/katalog

Semoga bermanfaat...
Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

TIPS AGAR MUDAH MELAKUKAN CLOSING

Closing sebenarnya bukan akhir dari sebuah sistem marketing, namun teknik closing adalah strategi yang digunakan untuk mendorong customer me...

Search This Blog

Labels