Tuesday, June 30, 2020

APA ITU GROWTH MINDSET?

Tahukah Anda apa itu Growth Mindset? Growth Mindset adalah tendensi dimana orang percaya pada keahlian, kecerdasan, dan bakat yang bisa terus dikembangkan melalui praktik dan ketekunan. Bagi yang percaya pada pemikiran yang terus tumbuh akan selalu tertantang dan bisa melihat "masalah" bukan sebagai "masalah" melainkan merupakan kesempatan untuk tumbuh dan berlatih mencapai kemampuan optimalnya.

Lalu, bagaimana meningkatkan pola pikir yang terus bertumbuh?

1. Fokus pola bahasa yang biasa digunakan
Seseorang yang biasa mengembangkan pola pikir terus tumbuh akan terlihat dari cara merespon dengan kalimatnya. Contoh kalimatnya adalah: Dari pada berkata "Aku menyerah", mereka yang dengan berpikiran terus tumbuh akan mengatakan "Aku akan memakai strategi yang berbeda".

2. Mengakui dan Berdamai dengan Kekurangan Diri
Tanpa mengenali kekurangan, Anda tidak akan bisa mengatasi masalah dalam diri. Hanya yang mau belajarlah yang dapat meraih tujuan hidupnya. Orang tersebut merupakan orang yang secara tidak sadar sudah menerapkan pola pikir terus bertumbuh.

3. Antusias Ketika Belajar dan Berani Mengambil Risiko
Memang banyak orang bertahan dengan cara lama, namun beberapa memilih mengembangkan cara baru dengan segala risiko yang harus dihadapi. Mereka yang mau mengembangkan diri tahu bahwa keahlian harus dipupuk dengan cara-cara baru yang lebih efisien.

4. Mau Berbagi Pengalaman Dengan Orang Lain
Mereka yang mau membagikan pengalaman dan progres-nya secara terbuka pada orang lain, adalah orang yang bisa mengapresiasi proses sekaligus hasilnya.

5. Menghargai Proses
Mereka lebih menikmati proses yang sedang dijalankan. Bukannya menyepelekan hasil, tetapi tahu bahwa beberapa hal membutuhkan waktu dan usaha lebih.

6. Belajar Memberi dan Menerima Kritik
Mereka yang punya pola pikir terus bertumbuh sadar bahwa ada banyak hal yang masih perlu dibenahi. Mereka dapat memberikan dan menerima kritik dengan tujuan konstruktif yang disertai alasan.

7. Membuat Tujuan Kecil yang Spesifik
Setiap tujuan memiliki karakter yang abstrak dan sulit untuk didefinisikan, dengan membuat tujuan-tujuan kecil yang spesifik akan membantu untuk mendapat tujuan yang lebih besar. Tujuan kecil yang diwujudkan secara berkala akan terus memotivasi untuk mencapai tujuan besarnya.

8. Membuat Goals Baru
Growth-minded people tahu bagaimana cara menstimulasi diri untuk menciptakan ide atau tujuan baru. Sebab mereka selalu siap mewujudkan tujuan dalam hidupnya.

9. Ambil Waktu untuk Refleksi Diri
Refleksi yang biasa dilakukan seperti meditasi, membuat jurnal, atau melakukan satu sesi latihan dan berjalan keluar ruangan di sela rutinitas harian. Setelah selesai melakukan refleksi diri, Anda akan kembali tanpa menyesali yang sudah terjadi, sehingga memudahkan Anda untuk melangkah ke depan.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Semoga Bermanfaat
Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PAKET SOP PERUSAHAAN JASA KONTRUKSI / KONTRAKTOR

Banyak orang mengganggap Mengelola menajemen Perusahaan Kontraktor itu lebih Ribet dibadingkan dengan Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang ...

Search This Blog

Labels