Monday, July 13, 2020

BEKERJA ATAU BERWIRAUSAHA?

Sekarang ini, bermodal gelar sarjana saja tidaklah cukup. Anda perlu memiliki kemampuan untuk dapat bersaing di masyarakat. Sebab, lulusan S1 jumlahnya tidak terhitung lagi. Tetapi, bukan lantas para pemilik gelar magister mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Saat Anda lulus, Anda akan merasa sudah memiliki bekal yang cukup, dan Anda akan sangat bersemangat untuk segera mengaplikasikan ilmu yang di dapatkan ke dalam dunia. Sayangnya, tentu Anda juga memahami bahwa kondisi dunia kerja Indonesia saat ini tidak mudah untuk ditaklukkan, apalagi untuk para fresh graduate.

Ada ribuan lulusan lainnya yang akan mencari pekerjaan bersamaan. Artinya, para fresh graduate memiliki jumlah saingan yang sangat besar untuk pekerjaan yang diidam-idamkan. Hal ini tentu saja tidak mudah, mengingat lulusan lain bisa saja memiliki skill dan kemampuan yang sama atau justru lebih baik.

Menyerah tentu bukan pilihan yang tepat. Daripada berlama-lama menunggu panggilan kerja, ada baiknya mencoba untuk memulai berwirausaha. Pilihlah jenis bisnis yang sesuai dengan minat dan juga skill Anda, sehingga dapat sukses dalam menjalankannya.

Berikut beberapa pilihan bisnis yang cocok untuk para fresh graduate yang bisa menjadi bahan pertimbangan :

1. Menjadi Reseller
Anda tetap bisa menjalankan bisnis online dengan menjadi seorang reseller. Ini bahkan lebih mudah dan praktis dari yang diduga, sebab Anda bisa saja menjalankan bisnis ini meski hanya bermodalkan jaringan internet dan gadget saja. Pilih produk yang tepat dan memiliki peluang pasar yang baik, sehingga bisa dengan mudah memasarkannya secara online. Pilihlah produsen atau mitra bisnis yang bereputasi baik, agar kegiatan kerja sama bisnis dapat berjalan lancar dan menguntungkan.

2. Menjadi Freelancer
Anda dapat menjual skill dan kemampuan Anda melalui internet. Bekerja menjadi freelancer, akan memberikan kemudahan dan waktu yang lebih fleksibel untuk mendapatkan uang. Pilih portal yang terpercaya dan bisa menjadi wadah yang tepat untuk menjual jasa kepada klien.

3. Membuat Handycraft
Pilihlah jenis produk yang unik dan belum banyak atau bahkan belum dibuat sebelumnya, sehingga memiliki pangsa pasar yang luas untuk mengembangkannya menjadi sebuah  bisnis.

4. Beternak atau Berkebun
Ada banyak pilihan hewan ternak yang bisa dipertimbangkan, misalnya: ayam kampung, ikan lele, ikan hias, dll. Namun jika Anda lebih senang bercocok tanam, pilihan untuk berkebun juga bisa dipertimbangkan. Saat ini, peluang sayuran organik masih sangat besar. 

5. Guru Les Privat
Jika Anda memiliki kemampuan akademik yang cukup mumpuni, sebagai permulaan, Anda dapt mengajar untuk anak-anak sekolah di sekitar lingkungan. Namun jika peluang bisnis ini berkembang dengan baik, maka tidak ada salahnya untuk membuka layanan les privat yang lebih besar dan profesional.

Pada intinya jika ingin berwirausaha, maka jangan takut untuk memulai. Meski memiliki semangat yang besar untuk segera bekerja, tidak ada salahnya belajar untuk berbisnis juga. Pilih jenis bisnis yang sesuai dengan minat dan juga kemampuan, sehingga tidak kesulitan ketika menjalankannya.

Bagaimana Jika Fresh Graduate Ingin Bekerja?
Meskipun Anda merasa siap untuk memulai karir, sayangnya bagian personalia juga memiliki keyakinan bahwa para fresh graduate masih kurang memiliki skill yang diperlukan oleh perusahaan. Kesenjangan kepercayaan antara pemberi pekerjaan ini, disebabkan oleh kesenjangan keterampilan yang dimiliki oleh para fresh graduate. Banyak para fresh graduate yang baru menyiapkan skill dasar setelah lulus kuliah.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Jika Anda ingin layak diperhitungkan dalam dunia kerja, maka bekali diri Anda dengan skill di bawah ini :

1. Memiliki Jiwa Kepemimpinan
Jangan anggap skill ini hanya dibutuhkan oleh orang yang ingin menjadi pimpinan. Leadership disini juga diperlukan saat Anda melamar pekerjaan yang mengharuskan bekerja bersama tim. Realitanya kemampuan satu ini tidak semudah apa yang dibayangkan.

2. Mampu Bekerja dalam Tim
Tujuan dibentuknya tim adalah untuk menangani suatu masalah bukan hanya agar masalah tersebut cepat tuntas, namun teamwork juga membuat suatu korporasi menjadi lebih tangguh. Berkolaborasi bersama tim tentu akan membuat kesuksesan mudah tercapai.

3. Kreatif dan Inovatif
Semua perusahaan membutuhkan orang yang punya daya pikir kreatif serta inovatif. Perusahaan membutuhkan mereka yang mampu berpikir liar sehingga perusahaan tidak akan tertinggal oleh zaman.

4. Kemampuan Diplomasi dan Presentasi
Perusahaan tempat Anda bekerja tentu membutuhkan orang yang memiliki kemampuan lebih dalam berdiplomasi. Dalam menyampaikan ide maupun saat berhadapan dengan klien.

5. Manajemen Waktu yang Baik
Manajer akan menugaskan pekerjaan dan percaya bahwa Anda mampu menyelesaikannya. Anda dituntut mampu menyusun prioritas, perencanaan, dan  mampu untuk fokus.

6. Mampu Mengelola Media Sosial
Saat ini sangat penting memiliki kemampuan mengelola media sosial. Sektor apa pun, mampu mengelola media sosial menjadi hal penting untuk menguasai komunikasi. Bisa melalui media sosial seperti LinkedIn, Facebook, Snapchat, Instagram, dll.

Semoga bermanfaat
Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

TIPS MENDAPATKAN KARYAWAN YANG TEPAT

Anda tentu tahu, bahwa sebuah rekrutmen merupakan serangkaian proses untuk mencari dari sekelompok pelamar kerja guna mengisi posisi yang te...

Search This Blog

Labels