Tuesday, August 18, 2020

DIRGAHAYU NEGERIKU TERCINTA

17 Agustus selalu menjadi hari yang istimewa bagi bangsa Indonesia. Di momen ini, semangat memajukan bangsa terpupuk kembali, bersamaan dengan rasa syukur atas memerdekakan yang telah dicapai bangsa ini.

Setelah dinyatakan merdeka, tugas kita semua tidak lain adalah untuk mengisinya dengan berbagai hal positif yang mampu membawa Indonesia pada tingkat kemakmuran yang lebih baik lagi. Tentu saja memaknai kemerdekaan dapat dilakukan dengan banyak cara, tidak terkecuali berkarya melalui bidang-bidang yang Anda sukai.

Dengan semangat kemerdekaan, melalui kerja keras, dan persatuan, kita dapat bersama-sama berjuang menghadapi krisis yang sedang terjadi.

Bagaimana Caranya?

Berikut adalah cara memaknai semangat kemerdekaan agar kita semakin semangat dalam berwirausaha.

1. Miliki Rencana dan Tujuan yang Jelas

Kemerdekaan Indonesia merupakan tujuan yang ingin diraih bangsa Indonesia ketika masa penjajahan. Tak terkecuali dalam menjalankan bisnis, tentu bisnis tersebut harus memiliki rencana yang nyata, tujuan yang jelas dan realistis. Rencana dan tujuan tersebut akan menentukan keseluruhan arah bisnis Anda. Selain itu, dengan adanya rencana serta tujuan, maka Anda dapat menilai sejauh mana kemajuan bisnis yang Anda kelola.

2. Buat Langkah Awal Diikuti Langkah Selanjutnya

Rencana dan tujuan memang mampu mengarahkan rakyat Indonesia bersatu menuju kemerdekaan. Namun coba bayangkan jika tanpa adanya langkah awal dan tindakan nyata, tentu tujuan tersebut hanya menjadi mimpi. Dari hal tersebut, dapat Anda maknai bahwa dalam berbisnis, penting untuk berani mengambil langkah awal dan langkah selanjutnya sesuai strategi bisnis yang Anda buat.

3. Kerja Sama

Kemerdekaan Indonesia diraih dengan kerja sama. Begitu juga Anda sebagai pelaku bisnis membutuhkan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Dukungan tersebut bisa dari sesama pengusaha, karyawan, pemerintah, dan seluruh pihak yang terkait dengan bisnis. Seluruh pihak perlu saling berkolaborasi dan memiliki semangat membangun bisnis.

4. Berani Keluar dari Zona Nyaman

Berani keluar dari zona nyaman merupakan salah satu hal yang dapat Anda maknai dari semangat perjuangan kemerdekaan. Dalam membangun bisnis, Anda perlu berani mengambil resiko dan keluar dari zona nyaman untuk menghadapi hal-hal yang akan terjadi. Anda perlu belajar berbagai permasalahan bisnis, sehingga resiko-resiko bisnis yang muncul dapat diminimalisir dan mampu Anda atasi.

5. Semangat dan Pantang Menyerah

Semangat dan pantang menyerah adalah salah satu prinsip yang perlu dimiliki setiap pebisnis. Saat awal merintis atau ditengah mengembangkan bisnis, pasti ada saat dimana ingin menyerah dari masalah yang dihadapi. Niat yang kuat dalam menjalankan bisnis harus Anda tanamkan dalam diri.

Semoga semangat kemerdekaan dapat menjadi pembelajaran dalam upaya mewujudkan kesuksesan bisnis. Baik dalam kemerdekaan dan bisnis, keduanya sama-sama membutuhkan tujuan, tindakan, semangat, keberanian, dan sikap pantang menyerah.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Semoga Bermanfaat,..
Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PAKET SOP PERUSAHAAN JASA KONTRUKSI / KONTRAKTOR

Banyak orang mengganggap Mengelola menajemen Perusahaan Kontraktor itu lebih Ribet dibadingkan dengan Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang ...

Search This Blog

Labels