Thursday, August 6, 2020

MENGELOLA BISNIS YANG EFISIEN

Untuk mengelola bisnis yang efisien diperlukan upaya pengaturan yang dilakukan secara menyeluruh. Hal ini dilakukan  agar owner dapat menjalankan usaha secara profesional hingga menghasilkan tujuan sesuai yang diinginkan. 

Sebelum menjalankan usaha, tentunya owner menyiapkan sebuah rencana atau sebuah rancangan yang secara umum dinamakan dengan business plan. Business plan mencakup manajemen pemasaran, manajemen produksi, manajemen finansial, dan sebagainya.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan sejak awal untuk mengelola bisnis yang efisien? 

Kali ini kita memiliki 6M + 1I untuk mengelola bisnis yang efisien.

1. Man (Manusia)
Man (manusia) atau biasa disebut SDM (Sumber daya manusia). SDM salah satu faktor yang penting karena dari sanalah modal dan keterampilan dikelola. Manusia adalah unsur manajemen yang paling penting dalam mencapai tujuan sebuah usaha.

2. Money (uang)
Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas sehari-harinya tidak akan terlepas dari biaya yang diukur dengan satuan sejumlah uang. Dengan ketersediaan uang yang memadai maka manajemen perusahaan akan lebih leluasa dalam melakukan sejumlah efisiensi untuk memperoleh laba yang maksimal.

3. Materials (bahan baku)
Ketersediaan bahan baku atau material sangat penting dalam proses produksi. Tanpa bahan baku, perusahaan manufaktur tidak dapat mengolah sesuatu untuk dijual. Dibutuhkan tenaga ahli untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi. Sumber Daya Manusia dan bahan baku sangat berkaitan erat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.

4. Machines (Peralatan Mesin)
Untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi, Anda tentunya membutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerja. Dengan adanya mesin maka waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi akan semakin cepat dan efisien. Disamping efisien, tingkat kesalahan manusia atau human error dapat diminimalisir. Tentu saja Anda membutuhkan sumber daya yang handal dan bahan baku yang berkualitas untuk memperoleh hasil yang maksimal.

5. Method (Metode)
Metode adalah tentang bagaimana mekanisme kerja dapat berjalan efektif dan efisien. Metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, dapat menyangkut proses produksi ataupun administrasi dan itu memerlukan waktu yang cukup lama.

6. Market (Pasar)
Memasarkan produk sudah tentu sangat penting, sebab bila barang yang diproduksi tidak laku, maka proses produksi barang akan berhenti. Oleh sebab itu, penguasaan pasar merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai, maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli konsumen.

7. Information (Informasi)
Informasi sangat dibutuhkan agar hasil dari suatu hal dikerjakan dapat lebih sempurna. Suatu proses pekerjaan tidak akan berkembang dengan baik jika tidak bisa menerima dan menyaring informasi dari luar. Informasi ini dapat memberikan Anda masukan terkait hal yang diminati pasar dan apa yang harus Anda produksi.

Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Semoga bermanfaat,..
Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PAKET SOP PERUSAHAAN JASA KONTRUKSI / KONTRAKTOR

Banyak orang mengganggap Mengelola menajemen Perusahaan Kontraktor itu lebih Ribet dibadingkan dengan Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang ...

Search This Blog

Labels