Monday, September 14, 2020

CARA JITU MENGHADAPI PENSIUN DINI DI MASA PANDEMI

Pensiun dini dan pemutusan hubungan kerja merupakan masalah baru bagi para karyawan di masa pandemi. Setiap hari diberbagai media ada saja berita tentang pemutusan hubungan kerja. Saat ini juga banyak karyawan yang dipaksa untuk pensiun dini karena kondisi ekonomi di seluruh dunia yang mengalami keterpurukan.

Hal ini berdampak pada tingkat pengangguran di seluruh dunia yang telah mengalami peningkatan secara tajam. Lalu, bagaimana jika Anda dalam posisi menghadapi pensiun dini padahal sebenarnya Anda belum siap secara keuangan? 
Berikut ada beberapa cara untuk menghadapi pensiun dini karena pandemi yang dapat Anda lakukan.

1. Berhemat
Jika Anda termasuk orang yang mengalami pengurangan penghasilan dan peningkatan pengeluaran, Anda perlu menyesuaikan gaya hidup Anda sekarang juga. Mulailah berhemat dan mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak begitu penting.

2. Pendapatan Pasif
Ketika Anda pensiun dini, apakah Anda sudah dapat mengganti pendapatan aktif atau gaji tetap dengan pendapatan pasif? Jika belum mulailah mencari tahu bagaimana cara untuk mendapatkan penghasilan pasif agar kebutuhan bulanan Anda masih dapat tercukupi.

3. Mengambil Jaminan Sosial
Jika Anda termasuk orang yang cenderung menunggu jaminan sosial, ini bukan keputusan yang tepat. Cobalah mencari waktu untuk mengklaim jaminan sosial yang Anda miliki selama masa kerja.

Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

4. Cek Apa yang Anda Punya
Periksa kembali, apakah tabungan Anda cukup untuk melewati masa pensiun, kemudian evaluasi sumber daya yang Anda miliki. Catat jumlah tabungan Anda dan tunjangan yang diberikan perusahaan, sehingga Anda dapat menentukan rencana apa yang dapat dilakukan. Jangan ragu untuk mengelola portofolio keuangan Anda. 

Menyeimbangkan portofolio keuangan juga berfungsi untuk menyesuaikan waktu investasi dengan kebutuhan arus kas yang pasti berubah setiap saat.

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

TIPS MENDAPATKAN KARYAWAN YANG TEPAT

Anda tentu tahu, bahwa sebuah rekrutmen merupakan serangkaian proses untuk mencari dari sekelompok pelamar kerja guna mengisi posisi yang te...

Search This Blog

Labels