Tuesday, November 3, 2020

APA TUJUAN HIDUP ANDA??

Apa tujuan hidup Anda? Bagaimana tujuan hidup yang benar itu? Apakah Anda pernah merenung kira-kira sampai umur berapa akan bekerja?
Apakah gaji atau pendapatan Anda saat ini bisa membiayai masa di mana Anda tidak bekerja atau pensiun?

Pertanyaan-pertanyaan di atas perlu direnungkan pada diri sendiri, bila Anda tidak ingin masa tua Anda terlunta-lunta dan me-repotkan orang lain. Mari mempersiapkan tujuan hidup yang benar!

Survey menemukan bahwa 95% orang Indonesia tidak siap menghadapi pensiun secara finansial.

Seringkali kita tidak menyadari waktu, padahal waktu tidak akan pernah berkompromi dengan siapapun. Tiba-tiba saja, tak terasa waktu pensiun sudah tiba. Dan tiba-tiba saat kita bangun tidur tidak bisa melakukan sesuatu.

Coba Anda bayangkan bagaimana tidak enaknya bila pada saat Anda tua, kondisi sudah melemah, kemungkinan terkena berbagai macam penyakit dan gangguan fisik semakin besar, namun tidak punya uang untuk berobat atau untuk menjaga kesehatan Anda.

Semoga saja hal itu tidak terjadi.

Nah berikut adalah langkah-langkah untuk mempersiapkan tujuan hidup :

1. Menghitung perkiraan jumlah uang yang dibutuhkan saat tidak bekerja lagi.
Itulah salah satu alasan pentingnya membuat perencanaan keuangan.
Bila perkiraan jumlah uang yang dibutuhkan untuk membiayai masa tua Anda sudah ketemu, selanjutnya hitung juga waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan uang itu dari saat sekarang sampai masa pensiun.

Hasil hitungan itu merupakan nilai finansial Anda dalam ukuran waktu. Karena nilai finansial Anda ditentukan oleh waktu, maka segeralah untuk melakukan hal-hal yang sudah diharuskan.

Semakin lama kita menunda untuk melakukan keharusan-keharusan tersebut maka akan semakin besar uang yang harus bisa diperoleh dalam tiap bulan, minggu, hari, dan jamnya.

2. Membandingkan hasil perhitungan dengan gaji yang sudah kita peroleh saat ini.
Bila gaji yang sudah Anda peroleh saat ini sudah bisa, atau bahkan melebihi kebutuhan yang akan datang maka bersyukurlah dan teruslah pertahankan.

Atau apabila memungkinkan optimalkan pencapaian tersebut untuk mengantisipasi kejadian-kejadian di luar yang direncanakan.

Namun bagaimana bila gaji Anda saat ini berada jauh di bawah hasil perhitungan?

Risau, galau, dan gelisah…..?

Itu wajar dan tenang saja, respon seperti itu adalah awal yang baik, karena Anda mengetahui kondisi riil saat ini, maka Anda mempunyai kekuatan untuk berusaha berpindah ke kondisi yang lebih baik.

Bila Anda tidak mengetahui kondisi saat ini, anda tidak akan mengetahui tujuan Anda.

Setelah itu Anda tinggal memutuskan untuk memilih jalan mana dan kendaraan seperti apa yang akan digunakan untuk mengantarkan ke tujuan yang sudah ditentukan.

3. Melaksanakan Langkah-Langkah yang sudah ditetapkan
Bila tujuan dan strategi yang tepat sudah ditentukan selanjutnya ‘hanyalah’ penerapan langkah-langkah yang disiplin.

Seringkali untuk memulai sesuatu yang baik kadang ‘terlihat’ atau seolah-olah sulit, tidak mungkin, dan sederet alasan sebagai pembenaran.

Namun bila sudah dimulai semua akan terasa ringan, walaupun berbagai permasalahan timbul silih berganti namun akan bisa diselesaikan dengan tuntas.

Jadi bila tujuan dan strategi sudah ditetapkan, teruslah berfokus dan disiplin dalam pelaksanaan langkah-langkahnya. Jangan sampai salah arah!

Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

TIPS MENDAPATKAN KARYAWAN YANG TEPAT

Anda tentu tahu, bahwa sebuah rekrutmen merupakan serangkaian proses untuk mencari dari sekelompok pelamar kerja guna mengisi posisi yang te...

Search This Blog

Labels