Wednesday, November 11, 2020

INGIN MENJADI ORANG TUA HEBAT??

Anda Ingin Menjadi Orang Tua yang Hebat? Mudah Kok!

Meski semua orang tua ingin menjadi sosok yang sempurna bagi anaknya, namun kenyataannya tidak semua orang tua dapat memberikan yang terbaik bagi anak. 

Sebab, beberapa orang dewasa nyatanya tidak mengerti bagaimana mendidik anak mereka dengan baik dan benar karena berbagai perbedaan. Belum lagi, perkembangan zaman yang pesat membuat adanya kesenjangan generasi antara Anda sebagai orang tua dan anak Anda.

Meskipun begitu, ada cara agar Anda dapat menjadi orang tua yang baik dan tentunya hebat di mata anak Anda. Untuk mewujudkannya, banyak hal yang perlu dilakukan. 

Mulai dari mendengarkan keinginan anak, hingga memberi pendidikan terbaik untuk mempersiapkan masa depan. Berikut ada beberapa tips untuk menjadi orang tua hebat di mata anak Anda :

1. Biarkan Anak Berkembang Sesuai Usia

Biarkan anak secara alami berkembang sesuai usia matangnya, jangan terlalu terburu-buru membuat anak menjadi dewasa. Memang terkadang, beberapa orang tua menginginkan anaknya bersikap dewasa dengan cepat. Mereka sedari dini memaksakan anaknya untuk terbiasa dengan hal yang menuntut kemandirian. Perlu Anda pahami bahwa masa kanak-kanak adalah masa yang tidak akan terulang. Hal ini harus dibiarkan secara alami karena baik bagi perkembangan mereka.

2. Melibatkan Anak dalam Aktivitas Anda

Libatkan anak dalam aktivitas Anda, ajak anak untuk bisa menikmati aktivitas yang biasa Anda lakukan sehari-hari. Hal ini merupakan hal menyenangkan dan dapat mempererat ikatan hubungan anak dan orang tua. Anak Anda akan dapat belajar banyak hal, tanpa merasa dipaksa.

Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

3. Menyayangi Tanpa Memanjakan

Sekali-kali, anak memang perlu dimanjakan, namun dengan cara yang mendidik seperti memberinya hadiah atas keberhasilan di bidang pendidikan atau mengerjakan sesuatu yang bermanfaat. Sebab saat ini banyak orang tua yang mengungkapkan rasa sayang pada anak dengan memanjakan mereka secara berlebihan. Mereka menuruti semua kemauan anak atau saat anak menangis orang tua segera mengupayakan apa yang diminta. Padahal, hal ini tidak baik bagi masa depan mereka. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mendukung anak mengejar berbagai hal positif.

4. Biarkan Ia Bercita-Cita

Biarkan anak memiliki cita-cita dan impian yang tinggi, jangan selalu melarang cita-cita anak. Biarkan mereka mengejar cita-cita dan impian yang dimiliki tanpa pengaruh dan paksa dari Anda.  Memang terkadang orang tua memiliki impian yang ingin diwujudkan melalui anak. Seperti halnya dalam memilih jurusan kuliah dan pekerjaan di masa depan mereka. Namun, hal ini sangat tidak baik karena pada dasarnya anak-anak memiliki kebebasan untuk memilih dan potensinya sendiri.

5. Berikan Teladan

Anda adalah figur teladan yang paling dekat dengan anak, untuk itu ajarkan anak-anak hal yang positif secara langsung. Seperti membantu orang yang membutuhkan, beribadah tepat waktu, berbagi makanan atau sekadar membiasakan anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Dengan sendirinya, mereka bisa mempraktikkan secara langsung, dibanding hanya lewat ucapan atau suruhan dari Anda.

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

TIPS MENDAPATKAN KARYAWAN YANG TEPAT

Anda tentu tahu, bahwa sebuah rekrutmen merupakan serangkaian proses untuk mencari dari sekelompok pelamar kerja guna mengisi posisi yang te...

Search This Blog

Labels