Tuesday, September 15, 2020

MEMAHAMI TUJUAN HIDUP DAN MEWUJUDKANNYA

Tujuan hidup adalah sesuatu yang menunggu untuk Anda temukan dengan cara mengambil hikmah dari perjalanan hidup dan selalu belajar tanpa lelah.

Tujuan hidup antara manusia satu dengan yang lainnya pasti berbeda. Walaupun ada kesamaan pada tujuan hidup, pasti cara menjalankannya berbeda sesuai dengan pribadi masing-masing individu.

Meskipun begitu, tidak jarang masih ada orang yang bingung mencari tujuan hidupnya hingga menjalani hidup dengan asal dan pada akhirnya tidak menemukan kebahagiannya sendiri.

Bagi Anda yang masih kebingungan tentang apa tujuan hidup Anda dan masih bingung ingin memulainya coba tengok hal-hal di bawah ini.

1. Kenali Passion dan Talent Anda

Passion atau gairah yang ada dalam diri Anda ternyata tersimpan cukup banyak. Anda dapat merasakan gairah dalam diri saat melakukan hal yang disukai. Passion akan membuat Anda merasa selalu ingin melakukan hal yang lebih baik lagi.

Anda sebenarnya punya banyak talent atau bakat di dalam diri. Apabila bakat tersebut diasah, maka akan menjadi kekuatan. Maka, tanyakan pada orang yang sering berinteraksi dengan Anda bakat apa yang paling menonjol dalam diri Anda.

2. Buat Rencana Pencapaian Tujuan dalam Hidup

Dalam hal ini Anda perlu membuat rencana pencapaian tujuan hidup, caranya adalah dengan:

- Tentukan Peringkat Tujuan. Yaitu dengan membuat beberapa tujuan hidup dan mulailah menentukan prioritas atas tujuan hidup yang sudah Anda buat.

- Kumpulkan Informasi. Dari peringkat tujuan di atas, mulailah untuk mencari tahu bagaimana cara mencapai tujuan yang sudah Anda buat tersebut.

- Tentukan Langkah. Anda dapat lebih mudah mengelola proses pencapaian tujuan dengan menentukan rencana langkah demi langkah untuk mencapai tujuan akhir.

- Beri Batas Waktu. Setelah Anda menentukan langkah untuk mencapai tujuan secara terperinci, tentukan batas waktu perkiraan yang masuk akal.

- Rencana Menghadapi Kendala. Buat kemungkinan untuk menghadapi kendala terjadi agar mudah menyiapkan rencana untuk menghadapinya.

3. Perjuangkan Tujuan Hidup Anda

Setelah Anda mengetahui passion dan talent Anda, kemudian Anda membuat rencana pencapaian tujuan dalam hidup. Namun tidak berhenti sampai disitu, Anda perlu memperjuangkannya. Bagaimana cara memperjuangkan tujuan hidup?

- Menciptakan Lingkungan yang Mendukung. Apapun tujuan hidup Anda, temui atau ciptakan lingkungan yang sesuai untuk mendukung pencapaian tujuan.

- Laksanakan. Setelah membuat rencana yang matang, maka tentukan tanggal untuk mulai mencapai tujuan Anda. Segera laksanakan rencana Anda agar tidak hanya menjadi wacana.

- Konsisten. Setelah Anda memulai, kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan hidup terletak pada kegigihan dan konsistensi Anda. Sebab proses yang dijalani membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

- Jaga Motivasi. Penting untuk menjaga motivasi agar tetap antusias dan berkomitmen jika berhasil melakukan prosesnya.

- Catat Kemajuannya. Mencatat hal yang sudah diraih atau kemajuannya bertujuan agar Anda tetap termotivasi.

Perlu Anda ingat bahwa tujuan sering kali berubah seiring terjadinya berbagai peristiwa dalam kehidupan. Berusahalah mempertimbangkan kembali tujuan Anda secara sadar dan teratur, sebab melakukan revisi adalah hal yang wajar.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

TIPS MENDAPATKAN KARYAWAN YANG TEPAT

Anda tentu tahu, bahwa sebuah rekrutmen merupakan serangkaian proses untuk mencari dari sekelompok pelamar kerja guna mengisi posisi yang te...

Search This Blog

Labels