Friday, November 20, 2020

TIPS PENGUSAHA AGAR TIDAK SALAH MENGAMBIL KEPUTUSAN DI MASA KRITIS

Saat memikirkan kelanjutan bisnisnya, tentu tidak sedikit pelaku usaha yang gusar dalam menghadapi masa krisis ekonomi seperti yang terjadi saat ini. 

Pengambilan keputusan bisnis yang salah, tentu saja malah akan memperburuk keadaan. Selama ini bisnis Anda berjalan baik didukung oleh jumlah penjualan, ketersediaan produk, lokasi yang tepat, dan tenaga kerja yang handal. Tetapi tiba-tiba kondisi berubah saat pandemi berlangsung. Keterpurukan bisnis bisa saja terjadi karena kesalahan pelaku usaha dalam mengambil keputusan, terutama keputusan terkait keuangan.

Sebenarnya, seluruh kesalahan bermula dari penyusunan laporan keuangan yang buruk atau penyusunan arus kas yang berantakan. Pada kondisi normal saja, laporan keuangan yang berantakan dapat berdampak fatal pada keberlangsungan perusahaan, apalagi dalam kondisi krisis ekonomi seperti sekarang.

Terdapat tiga tips agar pelaku usaha terhindar dari kesalahan mengambil keputusan bisnis:

1. Mengatur Arus Kas
Mengatur arus kas dengan baik dapat dimulai dengan mengetahui dan memantau arus kas secara berkala disertai upaya penghematan biaya. Anda dapat menganalisa laporan keuangan dan membuat prioritas pengeluaran. Dari sana Anda dapat membuat rencana anggaran dengan mengacu pada budget mana yang paling berdampak pada bisnis sehingga menjadi prioritas. Kemudian, terapkan anggaran yang telah direncanakan tersebut. Susun laporan arus kas secara berkala, pantau laporan keuangan secara manual dan juga dengan teknologi.

Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

2. Manfaatkan Berbagai Teknologi
Guna menghindari kesalahan dalam mengambil keputusan, Anda perlu memanfaatkan berbagai teknologi berdasarkan unit kerja. Salah satu divisi kerja yang dapat memanfaatkan teknologi adalah divisi sales and marketing. Mereka dapat melakukan penjualan secara online. Divisi operasional dan produksi juga dapat mengimplementasikan teknologi untuk mengerjakan invoice, pergudangan, dan proses operasional penjualan.   Begitu juga dengan divisi accounting, mereka juga dapat menggunakan perangkat teknologi berupa software akuntansi online.

3. Memahami Laporan Keuangan
Memahami, mempelajari cara membaca dan menganalisa laporan keuangan perlu Anda lakukan, sehingga Anda tidak pasrah begitu saja dengan tim keuangan. Dengan Anda memahami laporan laba rugi dan laporan arus kas, maka Anda dapat melihat bagaimana kondisi keuangan perusahaan.
Laporan keuangan dapat Anda pahami menggunakan teori-teori analisa rasio keuangan untuk memudahkan analisa. Dengan memahami keuangan secara komprehensif, Anda juga dapat menjadikan laporan keuangan tersebut sebagai dasar dalam pengambilan keputusan di perusahaan Anda.

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

TIPS MENDAPATKAN KARYAWAN YANG TEPAT

Anda tentu tahu, bahwa sebuah rekrutmen merupakan serangkaian proses untuk mencari dari sekelompok pelamar kerja guna mengisi posisi yang te...

Search This Blog

Labels