Wednesday, December 30, 2020

GUNAKAN WAKTU LIBURAN UNTUK BERBISNIS

Apa rencana Anda dilibur panjang akhir tahun ini? 

Bagi Anda yang belum memiliki rencana apapun, mungkin memanfaatkan waktu untuk menambah pundi-pundi uang bisa menjadi pilihan. Liburan panjang nanti dapat menjadi salah satu momen untuk menghasilkan keuntungan dengan membuka usaha kecil-kecilan.

Bagi seorang pengusaha, tentu momen liburan menjadi sebuah peluang untuk berbisnis. Mereka pasti sudah memiliki rencana dan konsep untuk usahanya. Namun bagi Anda yang biasanya bekerja dan ingin mencoba dunia usaha, ternyata ada banyak ide bisnis yang dapat dicoba. Ide-ide bisnis itu jika dilaksanakan bisa jadi tidak memerlukan banyak biaya, tetapi justru dapat menambah penghasilan Anda. Lalu usaha apa yang dapat dilakukan ketika momen liburan tiba? 

1. Jasa Rental
Apakah Anda memiliki mobil, motor, kamera, carrier bag, tenda dome, sleeping bag, novel sampai komik, PlayStation, XBox One, Nintendo dan lainnya yang menganggur di rumah? Maka di momen libur panjang dapat menjadi lahan bisnis bagi Anda. Ada banyak orang yang butuh mobil untuk pergi dengan keluarganya, ada juga yang ingin mendaki atau camping tetapi peralatannya tidak lengkap. Satu hal yang harus diperhatikan untuk persewaan atau jasa rental adalah pastikan calon konsumen benar-benar dapat dipercaya. Anda dapat meminta data lengkap calon konsumen sebelum mereka menyewa dari Anda. 

2. Makanan Ringan
Anda harus jeli melihat sekitar sehingga dapat menciptakan peluang bisnis berjualan makanan atau minuman ringan. Bagi Anda yang rumahnya dekat dengan tempat wisata atau termasuk rumah yang ramai orang berlalu lalang, Anda dapat mencoba berjualan. Dengan modal yang relatif kecil, Anda dapat berjualan aneka tempura, cilok, bakso bakar, atau minuman viral seperti es boba, thai tea, kopi atau kudapan ringan lain dengan harga terjangkau. Sekarang Anda dapat membuka lapak dadakan di depan rumah saat siang atau sore hari, sesuai analisis lingkungan yang sudah Anda lakukan. 

3. Content Creator
Dengan era serba terknologi internet, bisnis content creator memiliki peluang yang menjanjikan di momen liburan. Anda dapat mengajak anak-anak di sekitar membuat video kreatif. Tidak hanya video, Anda yang suka menulis pun dapat memanfaatkan hobi menjadi penghasilan yang menggiurkan sebagai traveller blogger. Ulasan yang menarik tentu bakal menguntungkan si pemilik wisata, sehingga bisa saja Anda memperoleh bayaran hanya untuk satu artikel yang dirilis.

4. Mainan Anak
Berjualan mainan anak memiliki pangsa pasar tersendiri saat liburan. Jika modal terbatas, Anda dapat berjualan mainan tradisional misalnya layang-layang, menjadi reseller mainan atau hanya sebagai dropshipper saja. Anda dapat menjajakan mainan anak baik secara online atau menggelar lapak dadakan di rumah. Tetap gunakan masker saat berjualan dan sediakan tempat cuci tangan bagi pembeli.

5. Jasa Fotografi
Jika Anda memiliki kemampuan fotografi, Anda dapat menawarkan jasa Anda bagi mereka yang ingin mengabadikan momen namun tidak memiliki peralatan dokumentasi mumpuni. Hobi Anda fotografi mungkin jarang Anda gunakan saat bekerja di kantor, jadi inilah saatnya membuat hobi menjadi salah satu sumber penghasilan.

Dengan kemampuan membaca peluang dan memanfaatkan kondisi, bukan tidak mungkin kalau ide bisnis di masa liburan mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Atau bahkan malah ke depannya menjadi bidang usaha menjanjikan. Asalkan Anda mengelola dengan baik sesuai, bisnis di masa liburan dapat menjadi sebuah bentuk usaha jangka panjang.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

STRATEGI UNTUK PERUSAHAAN JASA

Bisnis jasa merupakan bisnis yang menjual pelayanan terhadap para konsumen. Berbeda dengan barang yang biasanya lebih memberikan hak kepemil...

Search This Blog

Labels