Friday, December 4, 2020

MEMBANGUN PERSONAL BRANDING DI SOSIAL MEDIA

Di zaman sekarang ini, semua orang tentu memiliki sosial media. Baik itu facebook, instagram, twitter, YouTube, dan yang lainnya. Salah satu dampak positif penggunaan sosial media adalah untuk membangun sebuah personal branding. 

Personal branding sendiri adalah proses di mana orang-orang dan karier mereka berlaku layaknya sebuah produk. Jadi dapat dikatakan bahwa Personal Branding adalah cara dan proses Anda memasarkan diri kepada orang lain atau komunitas yang menjadi target.

Setiap hari Anda pasti tidak lepas dari penggunaan sosial media. Mulai dari update status, posting foto, video, atau konten menarik, semua itu adalah cara membangun personal branding. Jadi penilaian orang lain terhadap pribadi seseorang juga dapat didasarkan pada perilaku mereka di sosial media. Lalu bagaimana cara membangun personal branding yang tepat di sosial media? Berikut paparannya!

1. Penggunaan Nama

Di sosial media, Anda dapat mendeskripsikan siapa diri Anda. Gunakan informasi, nama, dan foto asli. Penggunaan nama yang sama ini berlaku untuk semua sosial media yang Anda punya, agar setiap orang yang ingin mencari informasi tentang Anda di Facebook, YouTube, Twitter, Instagram lebih mudah. Langkah ini merupakan cara membentuk personal branding untuk nama Anda sendiri.

2. Berkala Memperbarui Profil

Perbarui profil di sosial media Anda secara berkala, entah itu deskripsi, biografi, maupun foto profil. Profil yang up todate memiliki kemungkinan lebih besar akan dilihat orang lain. Anda juga membuat orang lain yakin bahwa akun yang Anda kelola adalah benar-benar brand Anda sendiri dan bukan dikelola oleh pihak lain.

3. Posting Konten Sesuai Passion

Semakin banyak Anda posting konten di sosial media, semakin banyak pula orang yang akan mengenali diri Anda. Pastikan Anda posting konten yang Anda suka pada waktu yang tepat. Temukan terlebih dahulu passion Anda, dan Anda ingin dikenal sebagai apa?Unggah sesuatu yang berhubungan dengan minat dan bakat Anda.

4. Grup atau Komunitas

Anda dapat bergabung di grup maupun komunitas di sosial media. Komunitas merupakan salah satu tempat menimba serta membagikan ilmu, menambah wawasan dan memperluas jaringan. Lakukan interaksi sebanyak mungkin dengan orang yang mempunyai visi dan misi yang sama dengan Anda. Agar suatu saat mereka akan melihat profil Anda dan merekomendasikan diri Anda ke orang lain.

5. Pilih Media

Memilih media yang cocok untuk mendongkrak personal branding adalah langkah selanjutnya. Sebagai contoh Anda seorang content writer, maka media yang cocok untuk Anda adalah Blog dan Twitter. Beberapa media lain, seperti Instagram, facebook, dan web juga berguna untuk melakukan promosi. Pastikan Anda selalu menggunakan sosial media sesuai dengan porsinya.

Perhatikan juga akun apa yang Anda sering ikuti. Jadi ikutilah akun-akun yang bermanfaat yang sesuai dengan karakteristik Anda.

Beragam sosial media hendaknya dimanfaatkan untuk memperluas koneksi, berjualan online, berbagi informasi lowongan kerja, share karya Anda, dan hal positif lainnya. Jangan gunakan sosial media Anda untuk menyebar hoax, bullying, menipu atau tindak kejahatan lain yang dapat merugikan diri Anda.

Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Semoga Bermanfaat,.
Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

STRATEGI UNTUK PERUSAHAAN JASA

Bisnis jasa merupakan bisnis yang menjual pelayanan terhadap para konsumen. Berbeda dengan barang yang biasanya lebih memberikan hak kepemil...

Search This Blog

Labels