Thursday, December 3, 2020

TIPS AGAR MUDAH MELAKUKAN CLOSING

Closing sebenarnya bukan akhir dari sebuah sistem marketing, namun teknik closing adalah strategi yang digunakan untuk mendorong customer membuat keputusan pembelian.

Tindakan atau Action seseorang yang melakukan closing selalu berbeda, karena menyesuaikan dengan orang yang dihadapinya. Itu artinya, jika Anda ingin sukses dalam melakukan closing, maka Anda perlu banyak belajar tentang karakter, cara komunikasi yang baik dan tentang pengetahuan produk/jasa yang Anda tawarkan. Banyak hal yang membuat seseorang gagal melakukan closing, antara lain :

1. Tidak Punya Waktu Khusus

Anda perlu belajar menyediakan waktu khusus minimal 1 – 2 jam untuk mulai serius berjualan, mulai bangun leads atau calon customer dan memperbesar kolam.

2. Tidak Percaya Diri

Sebenarnya rasa tidak percaya diri tersebut bisa saja muncul karena ketakutan akan penolakan, yang sebenarnya hal tersebut hanya persepsi Anda saja. Jangan sampai persepsi pikiran tersebut menghambat usaha Anda.

3. Leadsnya Sedikit

Penjualan tidak akan berkembang jika leads-nya sedikit. Apa itu leads? Leads adalah calon prospek atau calon pembeli. Solusinya adalah, bangun relasi, perluas pertemanan,, masuk komunitas, dan masih banyak lagi.

4. Prospeknya Cold Market

Cold market adalah prospek yang belum kenal dan belum percaya dengan Anda. Jika Anda menawarkan dengan mereka, maka akan tidak mudah untuk terjadi closing. Kecuali Anda menjual produk/jasa yang sudah terkenal. Solusi mengubah cold market jadi warm market, adalah ajak kenalan lebih dulu, kemudian ajak sharing terlebih dulu jangan langsung jualan. Selanjutnya Anda dapat grup untuk mengedukasi produk atau jasa yang Anda tawarkan.

5. Cara Penawaran yang Kurang Kuat

Gangguan sulit closing biasanya karena promo dan penawaran yang Anda berikan kurang kuat. Kurang kuat yang dimaksud mulai dari judul promo yang biasa saja, tidak ada bonus atau manfaat yang menggiurkan, dan call to action-nya yang kurang.

Dalam sebuah usaha, Anda tentu perlu tim dalam hal penjualan. Salah satunya dengan membangun reseller. Caranya adalah dengan merekrutnya, kemudian membina secara rutin dan jangan lupa untuk mengajari cara berjualan yang menarik.

Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Semoga Bermanfaat,.
Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

STRATEGI UNTUK PERUSAHAAN JASA

Bisnis jasa merupakan bisnis yang menjual pelayanan terhadap para konsumen. Berbeda dengan barang yang biasanya lebih memberikan hak kepemil...

Search This Blog

Labels