Friday, January 22, 2021

STRATEGI UNTUK PERUSAHAAN JASA



Bisnis jasa merupakan bisnis yang menjual pelayanan terhadap para konsumen. Berbeda dengan barang yang biasanya lebih memberikan hak kepemilikan, bisnis jasa menyediakan produk yang lebih abstrak atau sama sekali tidak berwujud. Meskipun berbeda, keduanya tetap saja membutuhkan strategi pemasaran secara maksimal.

Produk berupa barang memberikan kebutuhan secara langsung terhadap para konsumen, sedangkan jasa sama sekali tidak. Karena itulah tingkat keberhasilan dalam berbisnis jasa diukur dari tingkat kepuasan para konsumen. Oleh sebab itu, maka ada lima strategi pemasaran dalam bidang jasa, antara lain :

1. Pelayanan yang Efisien
Artinya adalah pelayanan yang Anda berikan lebih cepat dan tepat, tidak terlalu ribet dan sudah sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen. Terkadang penyedia jasa akan memberikan penawaran jasa yang terlalu rumit atau masih terlalu tinggi terhadap para konsumen. Padahal kebutuhan konsumen tidak sekompleks itu.

2. Meningkatkan Citra Karyawan dan Perusahaan
Di perusahaan apapun karyawan memiliki peran yang sangat penting, terlebih lagi untuk karyawan marketing pada perusahaan jasa. Karena karyawan marketing merupakan ujung tombak para konsumen agar bersedia dalam menggunakan jasa dari perusahaan Anda. Citra dari para karyawan juga akan menentukan citra dari perusahaan di mata para konsumen. Untuk itu, penting membangun karyawan yang mampu menjawab setiap kebutuhan konsumen.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

3. Harga yang Kompetitif
Berbeda konsumen tentu saja juga akan memiliki pandangan yang berbeda pula terkait harga. Bisa saja konsumen menganggap harga Rp.2.000.000,-/jam adalah harga jasa yang murah untuk jasa training. Akan tetapi ada juga yang menganggap bahwa harga tersebut sudah mahal. Untuk itu di awal Anda perlu menentukan harga yang menurut mereka masih rasional dan membuat ketentuan apa saja yang konsumen dapatkan dari harga yang mereka bayarkan.

4. Sesuai Perkembangan Zaman
Saat ini penggunaan teknologi memang penting. Penggunaan teknologi juga diperlukan dalam hal pemasaran jasa, misalnya dengan mengandalkan marketing online. Banyak cara dalam memasarkan jasa melalui media internet misalkan dengan cara SEO (Search Engine Optimization) atau pada sosial media.

5. Konten yang Menarik
Tentu Anda pernah menganalisa budaya dan tren yang saat ini sedang berkembang. Misalnya saja cara pemasaran sekarang dengan cara lima atau sepuluh tahun yang lalu sangat jauh berbeda. Untuk itu Anda perlu menyesuaikan konten dan pelayanan jasa Anda agar konsumen tidak bosan. Jika pembaharuan mampu Anda lakukan, maka akan membuat tingkat kepuasan konsumen meningkat.

Semoga Bermanfaat.,,
Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PRINSIP PENTING ETIKA BISNIS

Bu siness etiquette   atau etika bisnis adalah cara menjalani bisnis yang meliputi segala aspek terkait dengan individu, masyarakat, dan per...

Search This Blog

Labels