Friday, January 15, 2021

TEKNOLOGI BERPERAN PENTING DALAM BISNIS

UKM atau Usaha Kecil Menengah merupakan sektor ekonomi yang juga berperan dalam menggerakkan perekonomian di Indonesia. Sebagai salah satu penggerak ekonomi Indonesia, seorang pemilik usaha kecil menengah harus paham terhadap perkembangan teknologi. Teknologi mengubah cara hidup manusia, termasuk di dalamnya cara berbisnis.

Agar bisa tetap bertahan dalam persaingan era revolusi digital, usaha kecil menengah harus menerapkan teknologi terbaru. Sayangnya kesadaran terhadap pentingnya teknologi terhadap bisnis belum disadari oleh semua pemilik usaha kecil menengah di Indonesia.

Pemilik usaha kecil menengah banyak yang khawatir terhadap besarnya biaya yang dikeluarkan untuk alokasi teknologi informasi. Padahal tidak semua perangkat teknologi informasi perlu mengeluarkan biaya. Saat ini banyak tersedia alat gratis yang dapat digunakan pemilik usaha kecil menengah untuk keberlangsungan bisnisnya, dari aplikasi untuk mengelola website hingga aplikasi laporan keuangan. Sebagai pemilik bisnis UKM, Anda tentu menyadari bahwa dana yang dikeluarkan untuk investasi di bidang teknologi informasi mampu membuat pengelolaan bisnis semakin mudah, sehingga dapat meningkatkan keuntungan.

Ada banyak perangkat teknologi yang dapat Anda gunakan, diantaranya adalah :

1. Membuat Webaite

Apakah Anda mempunyai website untuk bisnis Anda? Jika belum, Anda perlu memulai membuat website dari sekarang. Apalagi saat ini membuat website tidak lagi sulit. Anda dapat menggunakan WordPress. WordPres dirancang agar mudah untuk dioperasikan oleh siapapun, baik pemula maupun mahir dalam bidang websiteWordPress tersedia secara gratis sehingga cocok untuk usaha kecil menengah.

2. Fitur Gratis Google

Ada fitur gratis dari Google yang bernama Google BisniskuGoogle Bisnisku merupakan fitur untuk para pemilik bisnis agar lebih mudah dalam mengelola bisnis onlinenya di Google, termasuk dalam pencarian Maps. Ketika mengetikkan nama sebuah tempat makan, perusahaan, atau kantor di Google, Anda akan menemukan informasi bisnis di sebelah kanan hasil pencarian. Dengan menggunakan fitur ini Anda dapat memberikan informasi tentang bisnis Anda dari alamat bisnis, jam buka, nomor telepon, situs web resmi, hingga ulasan konsumen.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

3. WhatsApp Bisnis

WhatsApp saat ini tidak hanya berfungsi untuk aktivitas chatting personal, tetapi juga untuk bisnis. Sama seperti dua aplikasi sebelumnya, WhatsApp Bisnis juga tersedia secara gratis. Untuk memiliki WhatsApp Bisnis, Anda perlu melakukan proses verifikasi dengan mengisi seluruh informasi bisnis, termasuk alamat dan nomor telepon bisnis. Proses verifikasi ini berguna untuk menghindari kemungkinan adanya penyalahgunaan nama bisnis Anda. 

4. Aplikasi Point Of Sale (POS)

Bagi Anda yang memiliki toko fisik, memiliki aplikasi POS akan memudahkan kasir ketika menerima pembayaran dari konsumen. Aplikasi Point of Sale (POS) adalah pengganti mesin kasir dengan fitur lebih lengkap dan harga lebih terjangkau. Aplikasi POS tersambung ke komputasi cloud sehingga semua transaksi yang terjadi di toko tersimpan dengan baik.

Terdapat banyak ide usaha kecil menengah yang dapat Anda terapkan jika Anda tertarik ingin menjalankan bisnis. Anda harus dapat memahami potensi apa yang dimiliki dan apa yang dibutuhkan di sekitar Anda. Anda juga perlu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membantu Anda mengelola bisnis dengan mudah.

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PRINSIP PENTING ETIKA BISNIS

Bu siness etiquette   atau etika bisnis adalah cara menjalani bisnis yang meliputi segala aspek terkait dengan individu, masyarakat, dan per...

Search This Blog

Labels