Tuesday, February 9, 2021

MENCIPTAKAN SEBUAH MASTERPIECE

Setiap pagi Anda mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk hari itu, mempersiapkan makanan, belanja, mandi, lalu ke tempat kerja. Hari demi hari Anda melakukan hal yang sama dan rutin. Anda perlu membuat sebuah karya yang berarti bagi orang-orang disekitar Anda. Bukan hanya sekedar untuk diingat orang lain, namun untuk memenuhi misi Anda dalam bidang apa pun yang Anda sukai.

Banyak yang berlomba-lomba untuk sukses. Namun sebuah kesuksesan atau sebuah pencapaian akan datang pada diri Anda jika Anda dapat memberikan manfaat bagi banyak orang. Sehingga tugas Anda bukanlah mencari kesuksesan semata, namun memikirkan bagaimana Anda mampu menciptakan nilai tambah agar berguna bagi banyak orang.

Lalu bagaimana agar bisa menciptakan sebuah masterpiece?

1. Becoming an Expert in Your Field
Jika Anda melihat Lionel Messi, Steve Jobs, dan yang lainnya,  maka mereka adalah orang yang fokus mengerjakan satu bidang. Jika Anda mengerjakan hal yang sama selama setahun maka Anda akan menjadi terbiasa. Dalam dua tahun, Anda akan menjadi ahli. Dalam tiga tahun Anda akan menjadi pakar. Jika sudah lebih lama lagi, maka Anda akan menjadi master dan sukses akan datang dengan sendirinya.

2. Be the Best
Jika Anda menjadi ahli dalam suatu bidang, maka sukses akan datang dengan sendirinya. Jika Anda tidak mampu duduk diposisi pertama, maka raihlah posisi kedua. Tidak ada salahnya berada diposisi kedua. Contohnya Lionel Messi maupun Christiano Ronaldo merupakan orang yang sukses di bidang yang sama terlepas siapa yang berada di posisi satu maupun posisi dua. Jika Anda tidak dapat berada dikedua posisi tersebut, maka bekerja sama lah dengan orang yang berada diposisi itu.

3.  Be a Local Hero
Guna menciptakan sebuah masterpiece, sebelum melangkah jauh Anda dapat memulai dari menjadi Local Hero dengan Local Content. Lihatlah beberapa bisnis di daerah Anda, dimana bisnis tersebut ada yang dijalankan dengan sangat konvensional namun sukses. Bahkan bisnis internasional yang akan memasuki Indonesia pun harus mengetahui selera lokal agar dapat diterima.

4. Two Types of Energy : Support & Haters
Anda perlu dua jenis energi untuk menjadi seorang masterpiece, yaitu orang yang mendukung Anda dan orang yang tidak suka dengan Anda. Jika Anda hanya dipuji maka Anda hanya akan menjadi nyaman dan besar kepala. Jika Anda hanya dikritik, maka yang terjadi justru terpuruk. Jadi Anda harus memiliki dua energi tersebut untuk mendorong Anda secara terus menerus. Ada orang yang memuji Anda saat sukses dan ada yang mengkritik Anda saat gagal, dua energi ini akan dapat mendorong Anda untuk terus berkembang.

Untuk menjadi masterpiece, Anda perlu menciptakan kesalahan sebanyak mungkin  dan jangan takut gagal. Karena akan muncul yang sukses dari sekian banyak kegagalan yang Anda lakukan.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PRINSIP PENTING ETIKA BISNIS

Bu siness etiquette   atau etika bisnis adalah cara menjalani bisnis yang meliputi segala aspek terkait dengan individu, masyarakat, dan per...

Search This Blog

Labels