Monday, April 5, 2021

FAKTA MENARIK DECOY EFFECT: STRATEGI PSIKOLOGI MARKETING

-Saat Pilihanmu Bukanlah Kendalimu-

Kita semua suka berbelanja dan makan di luar! Tetapi pernah berada dalam situasi di mana Anda menghabiskan lebih dari yang Anda inginkan?

Apa yang membuat Anda menghabiskan lebih banyak? Apakah itu tawarannya? Atau harganya? Atau apakah itu sesuatu yang lain? Apakah menurut Anda keputusan Anda benar-benar dikendalikan oleh Anda?

Mari kita cari tahu. Jawabannya bisa jadi efek Decoy. Apa artinya? Ini berarti perubahan preferensi di antara dua opsi saat disajikan dengan yang ketiga. Membingungkan bukan?

Mari buat ini lebih sederhana untuk Anda. Anda berada di bioskop dan Anda telah diberi dua pilihan untuk popcorn yang enak! Ember popcorn kecil harganya 10 ribu, dan ember popcorn besar harganya 20 ribu.

Kebanyakan dari kita menginginkan lebih; tapi karena berniat untuk menghemat, kita akan memilih opsi yang lebih murah. Tetapi perusahaan jelas ingin Anda membeli ember berondong jagung yang besar! Apa yang akan mereka lakukan?

Salah satu opsinya adalah memberikan diskon untuk ember besar! Tapi ada alternatif yang lebih baik! Mereka menambahkan opsi ketiga yang disebut umpan.

Mereka sekarang memberi Anda pilihan ember popcorn berukuran sedang seharga 18 ribu! Yang mana yang akan kamu beli sekarang?

Ya da 3 pilihan, Ember kecil 10 ribu, sedang 18 ribu dan besar 20 ribu.

Sebagian besar dari kita akan memilih ember berukuran besar karena sekarang ini tampaknya nilai uang dari 18 ribu ke 20 ribu sudah tidak berarti lagi.

Opsi umpan yaitu ember berukuran sedang membuat pikiran manusia membuat penilaian yang tidak akurat! Perhatikan bahwa harga umpan sangat dekat dengan pilihan yang lebih mahal, membuat opsi yang lebih mahal terlihat jauh lebih baik.

Itu sengaja dibuat miring, bahwa tampaknya bodoh, untuk tidak memilih opsi dengan harga lebih tinggi!

Baik! Sekarang, alih-alih memberi harga pada keranjang berukuran sedang seharga 18 ribu, bagaimana jika harganya 12ribu? Yang mana yang akan kamu pilih sekarang? Jelas ember popcorn ukuran sedang! Karena ini terlihat lebih baik daripada ember popcorn berukuran kecil.

Tidakkah menurut Anda ember berukuran kecil itu bertindak sebagai umpan di sini? Iya! Jadi sekarang beri tahu saya, apakah keputusan untuk memilih sesuatu di sini dikendalikan oleh Anda? Tentu saja tidak!

Ilusi visual tersebut sengaja dibuat oleh perusahaan untuk mengubah penilaian Anda. Jadi, Anda mengambil keputusan irasional dari opsi yang diberikan. Apakah efek umpan hanya terkait dengan harga?  Sama sekali tidak!

Semoga artikel bermanfaat, dan salam sukses!

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

No comments:

Post a Comment

PENTINGNYA MENULIS IMPIAN DAN CITA - CITA

Apakah Anda tahu Alasan Impian dan Cita-Cita Harus Ditulis?  Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang Alasan Impian dan Cita-Cita Har...

Search This Blog

Labels