Thursday, May 6, 2021

PRINSIP PENTING ETIKA BISNIS


Business etiquette atau etika bisnis adalah cara menjalani bisnis yang meliputi segala aspek terkait dengan individu, masyarakat, dan perusahaan. Etika bisnis mempunyai peranan penting sebab dapat menciptakan norma, nilai, dan juga perilaku karyawan serta pimpinan dengan tujuan membangun hubungan yang sehat dan adil dengan relasi kerja, masyarakat, atau pemegang saham.

Etika bisnis juga dapat diartikan sebagai aturan tak tertulis perihal cara menjalankan sebuah bisnis dengan adil serta sesuai hukum yang dicanangkan oleh negara. Hal tersebut tidak bergantung pada status atau kedudukan suatu individu ataupun perusahaan yang ada di masyarakat.

Jadi, etika bisnis adalah standar dan juga pedoman bagi seluruh karyawan, termasuk juga manajemen dalam menjalankan pekerjaan setiap hari dengan berlandaskan kejujuran, transparansi, moral luhur, dan sikap profesionalisme. 
Bertens menjelaskan bahwa etika bisnis perlu dilihat dari 3 sudut pandang. Yang pertama adalah sudut pandang ekonomi, yang berarti bisnis yang positif akan memberikan keuntungan tanpa memberikan kerugian pada orang lain. 
Selanjutnya adalah sudut pandang hukum, artinya bisnis tidak perlu melanggar aturan hukum berlaku maupun yang telah ditetapkan. Sudut pandang yang terakhir adalah moral, menjelaskan bahwa bisnis perlu menyesuaikan dengan standar atau ukuran moralitas.
Di sisi lain, terdapat 5 prinsip yang bisa dijadikan sebagai acuan atau pedoman perilaku dalam melakukan etika bisnis. Hal ini dijabarkan Sonny Keraf sebagai berikut: 
1. Kejujuran
Prinsip ini menanamkan sikap jika sesuatu yang dipikirkan merupakan sesuatu yang dikatakan. Di sisi lain, sesuatu yang dikatakan menjadi sesuatu yang akan dikerjakan. Prinsip kejujuran ini menjunjung kepatuhan terhadap pelaksanaan komitmen dan perjanjian yang telah disepakati.
2. Otonomi
Prinsip ini berpegang teguh pada kemandirian, kebebasan, dan tanggung jawab. Artinya, seseorang yang mandiri merupakan orang yang bisa memutuskan serta melakukan tindakan dengan dasar kemampuan sendiri dan apa yang telah diyakini serta terbebas dari tekanan, hasutan, maupun ketergantungan. 
3. Saling Menguntungkan
Pada prinsip ini memandatkan kesadaran bahwa dalam menjalani sebuah bisnis membutuhkan win-win solution. Dalam kata lain, semua tindakan dan keputusan bisnis harus diusahakan untuk mampu memberikan keuntungan terhadap semua pihak yang terkait.
4. Keadilan
Prinsip keadilan menanamkan sikap untuk menganggap dan memperlakukan seluruh pihak secara adil tanpa membedakan apapun ataupun siapapun.
5. Integritas Moral
Prinsip ini merupakan prinsip teguh agar tak memberikan kerugian pada orang lain terkait segala tindakan dan keputusan bisnis yang ditempuh. Prinsip integritas moral juga berlandaskan pada kesadaran bahwa semua orang berhak untuk dihormati dengan cara yang sama secara harkat maupun martabatnya. 

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com/katalog

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055


No comments:

Post a Comment

PENTINGNYA MENULIS IMPIAN DAN CITA - CITA

Apakah Anda tahu Alasan Impian dan Cita-Cita Harus Ditulis?  Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang Alasan Impian dan Cita-Cita Har...

Search This Blog

Labels